5 Jul 2019

Redakan Radang Tenggorokan dengan Kumur Air Garam




Bukan cuma bisa redakan sakit gigi, kumur air garam juga bisa bantu redakan sakit radang tenggorokan! Tak percaya? Ini penjelasan medisnya. 

Secara medis, lebih dari 70 persen kasus radang tenggorokan adalah penyakit yang self-limited. Artinya, penyakit tersebut dapat sembuh dengan sendirinya meski tidak diberi obat-obatan. 

Sayangnya, ada kekhawatiran tersendiri bila radang tenggorokan tidak diobati sama sekali. Sehingga, ketika ada orang yang menyarankan untuk kumur air garam untuk mengobati radang tenggorokan secara alami, Anda langsung mengiyakan. Tapi, bagaimana efektivitasnya?

Air Garam Bantu Redakan Nyeri Tenggorokan, Bukan Untuk Menyembuhkan
Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter, memang cukup banyak masyarakat Indonesia yang mempercayai dan mempraktikkan berkumur dengan air garam. 

Namun, yang mesti diingat di sini adalah larutan air garam hanya bisa meredakan rasa nyeri tenggorokannya saja dan bukan untuk membunuh bakteri penyebab radang. Apabila radang tenggorokan yang dialami itu disebabkan oleh bakteri, dr. Resthie tetap menyarankan untuk menuntaskan pengobatan dengan antibiotik yang sebelum diresepkan oleh dokter. 

Jika radang tenggorokan cukup berat, berkumur dengan air garam terkadang bisa menimbulkan sensasi perih sesaat di dinding tenggorokan. 

“Tapi setelah berkumur beberapa kali, rasa perih tersebut sudah tidak akan terasa lagi.” jelas dr. Resthie. 

Teknik berkumur dengan larutan air garam ini hanya boleh dilakukan oleh anak di atas 6 tahun. Anak usia di bawah 6 tahun cenderung belum bisa berkumur dengan baik sehingga rentan tertelan dan tersedak. 

“Selain itu, orang yang punya masalah menelan sebaiknya juga tidak mengaplikasikan cara ini untuk redakan sakit tenggorokan. 

Cara Membuat dan Berkumur dengan Air Garam
Campur ¼ atau ½ sendok teh garam dengan 240 ml air (¾ gelas belimbing). Pastikan Anda menggunakan air hanga untuk memberikan sensasi nyaman pada tenggorokan. Lagi pula, garam lebih mudah dilarutkan dengan air hangat. Aduk hingga rata dan gunakan air tersebut untuk berkumur sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Saat berkumur, usahakan agar air garam mengenai dinding tenggorokan. Anda bisa memosisikan kepala sedikit menengadah ke atas. Setelah 30–60 detik berkumur, keluarkan air garam dari mulut.

Kumur air garam memang bisa bantu redakan nyeri akibat radang tenggorokan. Namun, jika gejala nyeri itu tak kunjung membaik meski sudah 3 hari berkumur dengan air garam, sebaiknya segera berobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat. 


0 comments:

Posting Komentar

Share