29 Jul 2019

Kenapa Ya Berat Badan Bertambah Mendadak?




Banyak orang yang berusaha melakukan berbagai cara untuk memiliki berat badan ideal dan menghilangkan double chin. Misalnya melakukan perawatan menghilangkan lemak di klinik kecantikan terbaik di Jakarta, mengonsumsi obat pelangsing, melakukan diet, dan sebagainya. Namun, bagaimana ya jika berat badan justru mengalami kenaikan mendadak padahal sudah berusaha melakukan berbagai cara?

Eits, jangan langsung panik dulu. Sebab kenaikan berat badan secara mendadak ini ternyata ada yang bersifat sementara dan akan normal kembali setelah beberapa saat. Namun kamu tetap harus waspada karena ada juga kenaikan yang bersifat permanen. Nah supaya lebih jelas, yuk ketahui beberapa penyebab berat badan naik mendadak berikut ini:

Selesai makan
Menimbang berat badan sesaat setelah makan bukanlah hal yang tepat. Sebab pada saat itu berat badan Anda pasti akan meningkat tergantung pada porsi makan Anda. Namun jangan khawatir, kondisi ini hanya bersifat sementara sehingga tidak akan membuat Anda menjadi gemuk.

Meningkatnya massa otot
Untuk Anda yang sedang melakukan pelatihan untuk membentuk otot, jangan panik jika berat badan Anda meningkat. Sebab meningkatnya massa otot akan menyebabkan hal tersebut terjadi. Hal ini dikarenakan berat 1 kilogram lemak sama dengan berat 1 kilogram otot. Yang membedakan hanyalah objeknya. Tentu saja, berat badan meningkat karena massa otot yang meningkat lebih sehat dibandingkan dengan meningkatnya berat badan karena lemak.

Jenis makanan yang dikonsumsi
Anda suka makanan dengan rasa asin? Maka jangan kaget jika berat badan Anda meningkat secara cepat. Sebab makanan asin dapat menyebabkan retensi air atau tertahannya air di dalam tubuh. Akibatnya tubuh tidak mampu mengeluarkan air sesuai dengan yang seharusnya. Jika sudah begini, cara mengatasinya adalah dengan banyak minum air putih untuk mendorong tubuh agar mengeluarkan air yang tertahan ini.

Perubahan hormon
Wanita yang sedang atau akan menstruasi akan mengalami perubahan hormon. Hal ini menyebabkan berat badan naik sekitar 1 kg dari berat badan asli. Selain itu, waspada juga dengan masa ini karena pada masa menjelang menstruasi banyak wanita yang sering merasa lapar. Akibatnya berat badannya akan semakin meningkat akibat konsumsi makanan yang lebih.

Kondisi medis
Ini adalah penyebab yang paling harus diwaaspadai, yaitu kenaikan berat badan akibat adanya masalah pada kesehatan. Jika Anda mengalami kenaikan berat badan secara mendadak dan tidak normal padahal Anda sudah menjaga gaya hidup sehat, maka ada baiknya jika segera mengonsultasikannya pada dokter. Dengan begitu, Anda akan segera mengetahui seandainya ada masalah pada kesehatan Anda yang membutuhkan penanganan khusus.

Semoga informasi di atas bermanfaat. (Vita)

0 comments:

Posting Komentar

Share