27 Jul 2022

Sering Menggunakan Lensa Kontak, Ini Dampaknya




 Lensa kontak atau contact lense sering digunakan oleh orang yang memiliki masalah penglihatan dan merasa ribet menggunakan kacamata. Namun, tampilannya yang memiliki banyak pilihan warna membuat banyak orang yang mulai menggunakannya untuk mempercantik penampilan. Bahkan, banyak juga loh orang yangn punya lebih dari satu karena ingin warna matanya selalu serasi dengan warna pakaian yang digunakan.


Memang sih, lensa kontak dapat membuat mata terlihat lebih indah dan tajam, khususnya untuk kamu yang memiliki mata berukuran kecil. Namun, seperti apa ya dampak yang timbul jika kontak lense digunakan setiap hari? Melansir dari situs insightvisioncenter.com berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Iritasi

Iritasi pada mata bisa terjadi akibat adanya infeksi atau peradangan. Penyebabnya bisa karena bakteri maupun respon mata akibat adanya benda asing. Ketika hal ini terjadi maka mata akan menunjukkan beberapa gejala, seperti memerah, gatal, sakit, dan nyeri. Jika hal ini kamu rasakan saat menggunakan lensa kontak, maka segera hentikan penggunaan dan jangan menggunakannya lagi. Jika setelah kamu berhenti mata masih terasa tidak nyaman, maka segera konsultasikan pada dokter.

  • Mata kering

Mata memproduksi air mata untuk menjaga kelembapannya. Namun jika kamu menggunakan lensa kontak, maka benda ini akan menyerap sebagian besar air mata tersebut. Akibatnya mata akan menjadi kering dan tidak nyaman. Jika kondisi ini terus berlanjut, bisa menyebabkan jaringan parut pada kornea mata yang rasanya sangat menyakitkan. Untuk mencegahnya, seringlah menggunakan obat tetes mata yang disarankan agar kelembapan mata terjaga.

  • Melukai kornea

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan lensa kontak melukan kornea matamu, di antaranya yaitu adanya kotoran kecil yang menempel pada lensa kontak, mata yang terlalu kering, mengucek mata saat gatal, kualitas lensa kontak yang kurang bagus, dan sebagainya. Untuk mencegahnya, sudah jelas kamu harus tahu cara memilih lensa kontak yang berkualitas dan selalu jaga kebersihannya. Selain itu, jangan pernah mengucek mata saat masih menggunakan lensa kontak.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan yaitu, pastikan untuk melepas lensa kontak sebelum kamu tidur atau ketika kamu sedang benar-benar lelah. Hal ini penting untuk mencegah kamu tanopa sadar tertidur saat masih menggunakan lensa kontak.

0 comments:

Posting Komentar

Share