3 Okt 2020

Ternyata Ini Penyebab Ketebalan Helai Rambut Berbeda-beda




Seperti apakah jenis rambutmu? Apakah lurus? Bergelombang? Atau keriting? Secara umum, jenis kumpulan surai di kepala yang dimiliki oleh seseorang terbentuk berdasarkan variasi genetik orang tua atau kakek-neneknya. Sehingga, seseorang yang memiliki orang tua dengan rambut lurus cenderung memiliki rambut yang lurus pula. Namun, pernahkah kamu memperhatikan tiap surai rambutmu? 


Apakah ketebalan tiap helai rambutmu sama ataukah berbeda-beda? Jika sama, berarti rambut kamu memiliki kesehatan yang baik. Tapi jika tidak, ternyata beberapa hal berikutlah penyebab utamanya:

  • Perawatan rambut yang tidak cocok. Menurut dr. Ulfi Umroni dalam situs Alodokter, penyebab pertama ketebalan helai rambut yang berbeda-beda adalah penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan jenis rambut. Adapun produk yang dimaksud meliputi sampo, conditioner, hair mask, atau produk perawatan rambut lainnya.
  • Penggunaan pengering rambut. Hair dryer bertenaga tinggi menyalurkan panas yang tinggi pula. Inilah penyebab lain dari ketebalan surai yang berbeda-beda. Maka dari itu, hindarilah penggunaan pengering rambut setiap kali kamu berkeramas. Upayakan untuk membiasakan rambut kering secara alami, yakni dengan menggunakan handuk.
  • Perwarna rambut dan/atau bahan kimia. Tiap produk pewarna rambut memiliki komposisi bahan kimia yang berbeda-beda—dan tentu tidak semua produk pewarna rambut cocok dengan rambut masyarakat luas. Oleh sebab itu, kurangilah intensitas mencampurkan atau memberikan pewarna rambut dan/atau bahan kimia lain pada rambutmu, ya.
  • Paparan sinar ultraviolet. Efek samping sinar matahari ternyata tidak hanya buruk untuk kulit, namun juga rambut di kepala. Makanya, kalau kamu sering beraktivitas di luar rumah, usahakan untuk mengenakan pelindung kepala (topi), ya.
  • Pencatokan dan pengunciran rambut. Seperti pengering rambut, alat catok juga memberikan panas yang tinggi saat diaplikasikan ke surai-surai rambut. Dengan begitu, penggunaan alat catok juga memiliki efek terhadap ketebalan helai rambut. Selain pencatokan, pengunciran rambut setiap hari juga bisa mempengaruhi ketebalan surai rambut. 
  • Bentuk folikel rambut. dr. Devika Yuldharia dan dr. Irna Cecilia dalam situs Alodokter mengatakan bentuk folikel rambut (tempat surai tumbuh) juga menjadi salah satu penyebab ketebalan helai rambut berbeda-beda. Sebab, tiap folikel memiliki kecepatan tumbuh serta menghasilkan jenis dan warna rambut yang berbeda-beda pula. 

Itulah dia ulasan tentang penyebab ketebalan helai rambut berbeda-beda. Jika kamu sudah melakukan beberapa perbaikan perawatan seperti di atas namun surai masih cukup rusak, ada baiknya kamu melakukan kunjungan ke dokter spesialis kulit atau ahli kecantikan. Semoga bermanfaat!


0 comments:

Posting Komentar

Share