26 Des 2019

Tingkatan Luka Bakar yang Harus Anda Ketahui




Agar tindakan pengobatan luka bakar tidak salah sasaran, maka Anda harus benar-benar tahu seperti apa kondisi luka tersebut. Luka bakar sendiri dalam dunia kedokteran biasa disebut dengan combustio, yaitu perlakuan atau cedera tubuh yang disebabkan oleh suhu tinggi atau diakibatkan oleh sentuhan panas. Biasanya dokter juga memberikan obat berupa salep untuk luka bakar dengan dosisi yang disesuaikan berdasarkan usia pasien.

Luka bakar sendiri tidak selalu diakibatkan terkena api, bisa saja akibat tumpahan air panas, sengatan listrik,  atau terkena benda panas. Semua kondisi luka bakar tersebut bermacam-macam tingkatan dan penyembuhannya pun memerlukan waktu yang berbeda pula.

Berdasarkan tingkatannya, luka bakar pada kulit  terdiri dari 3 pengelompokan. Di antaranya adalah

Tingkatan pertama, yang dianggap masih ringan karena terjadi hanya pada bagian luar permukaan kulit saja. Efek dari luka bakar ini mungkin sedikit perih , kemerahan, dan bengkak. Tindakan pengobatannya pun bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke dokter.

Tingkatan kedua, yaitu luka terjadi pada lapisan dalam kulit. Kondisi luka bakar seperti ini mengakibatkan kulit menjadi melepuh. Terkadang, jika sudah terasa perih dan nyeri, pasti memerlukan bantuan dari dokter agar luka cepat kering dan sembuh.

Sedangkat luka bakar tingkat ketiga, yaitu yang paling parah. Luka bakar ini menimbulkan efek yang cukup parah pada permukaan kulit bagian luar dan dalam. Gejala yang ditimbulkan meliputi warna kulit putih mengkilap seperti halnya lilin, gosong, serta tekstur kulit tidak lagi rata. Jika kondisi lebih parah dari itu, mungkin sudah masuk pada kategori luka bakar tingkat empat, yaitu sudah merusak sendi dan tulang.

Mengetahui tiap tingkatan luka bakar, pastinya menentukan cara pengobatan atau penanganan yang lebih tepat. Seperti halnya seseorang yang mengalami luka bakar serius, yaitu berada pada tingkat atau derajat 3 dan 4, maka pengobatan yang harus dilakukan tidak bisa sembarangan, yakni harus segera dibawa ke UGD rumah sakit. Akan tetapi, jika luka bakar masih berada pada derajat 1 dan 2 , maka tindakan pengobatan pun masih bisa dilakukan di rumah, baik dengan bahan-bahan alami maupun menggunakan salep khusus luka bakar yang bisa dibeli di apotik terdekat.

Untuk tindakan paling aman, agar luka bakar dan luka lama sembuh secara total, maka Anda perlu berkonsultasi langsung dengan dokter.

0 comments:

Posting Komentar

Share