3 Okt 2017

Mengapa Ibu Hamil Cepat Lelah Saat Hamil?




Saat hamil baik di trimester pertama maupun ketiga kehamilan mungkin banyak dari ibu hamil yang mudah lelah padahal tidak melakukan banyak aktivitas. Meskipun ibu hamil sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat untuk ibu hamil, namun tidak menutup kemungkinan kelelahan ketika hamil ini akan terus menjangkiti ibu hamil. Selain itu, dengan mencukupi nutrisi ibu hamil pun terkadang tidak membantu untuk mencegah terjadinya kelelahan yang bisa menimpa ibu hamil ini. 

Untuk itu, ketahui dulu alasan mengapa ibu hamil sangat mudah lelah ketika masa kehamilan, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut ini:
  1. Terjadi peningkatan hormon progesteron. Salah satu pemicu yang menyebabkan ibu hamil mudah lelah ketika hamil adalah disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron di tubuh. Ketika hormon ini meningkat, biasanya dapat memicu munculnya rasa kantuk yang tidak bisa dicegah oleh ibu hamil. Selain itu, tubuh pun mengalami penurunan kadar gula darah di tubuh, sehingga bisa mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah. 
  2. Mengalami morning sickness. Alasan lain yang menyebabkan ibu hamil cepat lelah ketika hamil, karena mengalami morning sickness. Pada saat ibu hamil terserang morning sickness ini, biasanya dapat menguras tenaga sebab ibu hamil harus mondar-mandir ke kamar mandi. 
  3. Terserang anemia. Kelelahan yang dialami oleh ibu hamil selama masa kehamilan pun bisa disebabkan oleh anemia. Anemia sendiri merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang seorang wanita tidak terkecuali seorang ibu hamil. Jika anemia ini menyerang bisa berisiko pada terjadinya keguguran pada ibu hamil. 
  4. Merasakan cemas yang berlebih. Faktor emosi memang sangat memengaruhi kondisi fisik seorang ibu hamil, termasuk ketika merasakan cemas yang berlebih. Biasanya, cemas ini pun muncul akibat dari; ibu hamil sangat meragukan kondisi kesehatan bayi yang tengah dikandungnya, cemas melakukan banyak persiapan karena akan menjadi seorang ibu, sekaligus takut ketika melahirkan. Namun, hal ini tentu patut untuk diatasi oleh ibu hamil, supaya nantinya tidak memunculkan depresi yang dapat membahayakan kondisi janin di tubuh. 

Itu sedikit alasan yang menjelaskan mengapa ibu hamil bisa mengalami kelelahan ketika hamil. –SH–

0 comments:

Posting Komentar

Share