4 Okt 2017

Cegah Sembelit Saat Hamil dengan Cara Ini




Sembelit merupakan salah satu penyakit yang acapkali menyerang ibu hamil pada masa kehamilan. Hal ini karena dipengaruhi oleh meningkatnya hormon progesteron di dalam tubuh ibu hamil. Ketika hormon progesteron ini sudah meningkat, biasanya dapat mengakibatkan terganggunya saluran sistem pencernaan pada ibu hamil sehingga secara otomatis memunculkan sembelit. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan manfaat vitamin C yang mampu mencegah sembelit yang muncul selama hamil. 

Nah, apabila ibu hamil diserang oleh sembelit, maka lakukanlah beberapa cara pencegahannya seperti yang dilansir dari alodokter.com, berikut adalah diantaranya:

  1. Mengonsumsi makanan berserat. Untuk mencegah supaya sembelit tidak menyerang ketika hamil, ada baiknya ibu hamil mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Lantaran, makanan berserat dipercaya mampu mempercepat sistem pencernaan sekaligus membuat feses di dalam tubuh lebih lunak sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit. Biasanya, sumber makanan berserat ini bisa ibu hamil dapatkan melalui kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Dan pastikan setiap harinya ibu hamil mengonsumsi serat sekitar 25gram karena takaran ini memang dianjurkan untuk dikonsumsi seorang ibu hamil.
  2. Memperbanyak minum air putih. Pada saat ibu hamil kekurangan cairan, maka tubuh pun akan langsung mengambil cairan dari usus besar sehingga berakibat pada mengerasnya feses di dalam tubuh yang dapat memunculkan sembelit. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk memperbanyak meminum air putih yang bisa mencegah munculnya sembelit ini. Untuk ibu hamil sendiri disarankan untuk meminum air putih sebanyak 12 sampai dengan 13 gelas perhari. 
  3. Melakukan olahraga fisik secara teratur. Selain itu, dengan melakukan olahraga fisik secara teratur, ternyata dapat pula mengatasi sembelit yang seringkali muncul ketika hamil. Semisal, dengan cara berenang maupun berjalan sekitar 20 sampai dengan 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu. Namun, sebelum berolahraga, alangkah baiknya ibu hamil harus berkonsultasi dengan Dokter apakah olahraga tersebut boleh ibu hamil lakukan atau tidak, sebab jika tidak boleh tentu akan sangat membahayakan kondisi tubuh janin di dalam rahim. 


Itu beberapa pencegahan yang bisa dilakukan bila ibu hamil terserang sembelit ketika hamil. Semoga bermanfaat! –SH–

0 comments:

Posting Komentar

Share