18 Mei 2017

Piramida Makanan Untuk Ibu Hamil




Pada dasarnya, agar nutrisi ibu hamil tetap terjaga, maka sang ibu harus memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam perutnya. Menurut para ahli gizi, makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil berada dalam empat tingkat makanan. Empat tingkat makanan ini disusun dalam bentuk piramida, di mana makanan yang menempati tingkat paling dasar harus sering dikonsumsi dan semakin ke atas berisi makanan yang disarankan untuk dikonsumsi namun tidak berlebihan. Nah, apa saja ya daftarnya? Berikut ini detailnya:

  1. Karbohidrat menempati bagian terbawah dalam piramida. Pada dasarnya, karbohidrat memang menjadi sumber energi bagi setiap manusia. Nah, ketika sedang hamil, tubuh kita pun membutuhkan banyak energi, lebih banyak dibanding perempuan yang sedang tidak hamil. Disarankan untuk mengonsumsi nasi, roti, sereal, atau bahkan kentang sebagai sumber energi utama. Bisa juga diimbangi dengan makanan lain yang mengandung serat, vitamin, dan juga mineral.
  2. Buah dan sayur wajib dikonsumsi. Tingkatan berikutnya berisi sayur dan juga buah. Keduanya menjadi sumber vitamin dan mineral yang bagus untuk pencernaan tubuh. Disarankan untuk memakan buah setidaknya dua kali sehari dan mengonsumsi sayuran setiap kali makan (minimal tiga kali sehari). Psst, buah dan sayuran juga bisa membantu mengurangi rasa mual ketika sedang hamil, lho. 
  3. Golongan protein menempati posisi ketiga dari bawah. Nutrisi yang selanjutnya harus dipenuhi oleh ibu hamil adalah protein. Daging, ikan, telur, tempe, tahu dan juga susu menjadi sumber utama dari protein untuk tubuh. Untuk itulah, penting untuk meminum susu selama masa kehamilan untuk memenuhi kebutuhan protein ini. Namun demikian, karena beberapa sumber nutrisi ini mengandung lemak dan juga berpotensi menimbulkan kolesterol, maka konsumsinya harus dibatasi, ya. Nah, untuk melengkapi kandungannya, kamu bisa meminum susu yang tinggi kalsium.
  4. Puncak piramida adalah makanan yang berminyak, mengandung lemak, gula, dan juga garam. Ini dia nih makanan yang sering dikonsumsi oleh sebagian besar dari kita, namun tanpa disadari bisa membahayakan kesehatan janin. Gorengan, kue-kue manis, atau bahkan keripik kentang memang enak dikonsumsi tapi berbahaya. Makanan dalam puncak piramida ini boleh dikonsumsi, tetapi jangan berlebihan ya.

Itu dia daftar piramida makanan yang tepat untuk ibu hamil. Semoga membantu dan selamat mencoba! Jangan lupa perhatikan kesehatan selama hamil, yaa.

0 comments:

Posting Komentar

Share