15 Mei 2017

Cara Menjaga Jatung Tetap Sehat




Bagi kita yang sudah sadar bahwa jatung  itu penting dan perlu dijaga agar terhindar dari berbagai penyakit pasti akan bertanya-tanya gimana sih cara mencegah penyakit jantung atau gimana sih cara menjaga jatung tetap sehat? Loh kok pada khawatir tentang kesehatan jantung? Berdasarkan informasi yang di dapat dari CNN Indonesia, Jantung merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menewaskan manusia jadi tentu saja khawatir dong. Lebih baik mencegah daripada menyembuhkan.

Bagi yang pingin tahu gimana cara menjaga jantung tetap sehat, berikut ini beberapa caranya

Ayo!! Berhenti Merokok

Wah? Rokok kok ke jantung? Bukannya seharusnya lebih ke kesehatan paru-paru?  Ckckck, rokok tidak hanya merusak paru-paru tetapi juga dapat membuat pembuluh dara menciut. Nah, pembuluh darah ada diseluruh bagian tubuh seperti jantung. Jika terjadi penyempitan pembuluh darah tentu saja akan mengurangi fungsi jantung hingga menyebabkan jantung koroner.
Selain itu, nikotin dapat meningkatkan adrenalin yang membuat Jatung bekerja dengan cepat untuk memompa darah. Hal ini membuat jantung tidak bisa beristirahat yang berakibat timbulnya penyakit hipertensi.

Hidup Sehat Dimulai dari Olahraga dan Jaga Kebersihan

Untuk melatih jantung agar kuat dan sehat, kita harus olahraga. Pastikan sisakan 2 jam (kumulatif) per minggunya untuk melakukan olahraga. Percaya atau tidak, berolahraga bisa meminimalis resiko serangan jantung. Olahraga apa aja? Ya, terserah. Pilih saya yang disukai. Jika suka menari ya menari aja, lari pagi, berenang, bersepeda, yoga, atau lainnya.

Rajinlah mengosok gigi. Loh apa hubungannya? gosok gigi setiap hari ternyata dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini disebabkan syaraf dan pembulu darah pada gigi langsung terhubung dengan organ lain, dimana salah satunya adalah Jantung. Jika bakteri berhasil menghancurkan gigi dan masuk ke dalam syaraf atau pembulu darah, maka mereka bisa menyebabkan penyempitan pembulu darah, serangan jantung dan lainnya.

Hidup Air Putih

Konsumsi air putih lebih baik daripada minuman lain. Dan sebisa mungkin minum air putih sebelum atau sesudah tidur. Hal ini membantu memastikan cairan dalam tubuh terjaga. Ingat tubuh manusia 70% terdiri dari cairan.  Selain sebelum atau sesudah tidur, kita juga perlu rajin mengkonsumsi air setidaknya 7-8 gelas perhari. Air putih membantu mempelancar peredaran darah. Darah yang lancar berarti peredaran oksigennya juga lancar sehingga semua organ tubuh kita bisa berfungsi dengan baik.

Jaga Makanan

Makanan yang tidak boleh terlalu sering dimakan adalah makanan bersantan, garam banyak, berminyak, dan gorengan. Dan perbanyakan konsumsi ikan terutama salmon serta sayur dan buah.
Banyak juga yang menyarankan untuk mengkonsumsi semangkat dan tomat karena mereka mengandung lycopenelycopene yang dapat mencegah penyakit jantung.
Ayo, hidup sehat untuk jantung yang sehat. –hm-

0 comments:

Posting Komentar

Share