30 Okt 2019

Tubuh Kelebihan Gula? Ini Tandanya!




Kelebihan gula darah di dalam tubuh memang tidak baik karena bisa memicu kemunculan penyakit serius. Apalagi, untuk biaya pengobatan dibutuhkan dana yang tidak sedikit, dan apabila memerlukan perawat maka untuk biaya perawat home care sendiri tentu tidaklah murah. Itulah sebabnya, membatasi konsumsi makanan manis tinggi gula harus segera dibiasakan sedini mungkin. Apalagi untuk Anda yang sudah memiliki riwayat penyakit hipertensi hingga harus menghindari makanan pemicu darah tinggi seperti daging kambing. Sebab, gula darah maupun hipertensi merupakan penyakit yang saling terkait satu sama lainnya.

Nah, bicara mengenai kelebihan gula darah, maka ada beberapa tanda yang bisa dilihat jika tubuh kelebihan gula, check it out: (source: alodokter)
  1. Penglihatan menjadi kabur. Menurut hasil lansiran dari alodokter, ketika gula darah dalam tubuh meningkat maka bagian tubuh yang akan terkena dampaknya adalah kedua mata. Hal ini karena saat gula darah tinggi lensa mata menjadi bengkak, yang mana kondisi seperti ini bisa mengganggu kemampuan mata dalam melihat.
  2. Warna kulit menjadi berubah. Tidak hanya mata, gula darah yang meningkat di tubuh pun bisa mengakibatkan perubahan warna pada kulit, terutama di bagian lipatan tubuh seperti leher maupun garis-garis jari. Biasanya, kulit berubah menjadi sedikit menggelap bila gula darah meningkat. Untuk itu, selalu berhati-hati, ya!
  3. Merasa lapar setiap saat. Tanda lainnya yang bisa dilihat jika tubuh kelebihan gula darah adalah merasa lapar setiap waktu. Meskipun sudah makan banyak, akan tetapi makanan tersebut tidak masuk ke dalam sel sehingga membuat sel tidak mendapatkan energi cukup. Kondisi inilah yang membuat nafsu makan semakin meningkat. 
  4. Mudah lelah. Gula memang memberikan energi untuk tubuh, namun jika berlebihan tentu sangat tidak disarankan karena bisa membuat tubuh menjadi lelah. Sebagai contoh insulin tubuh tidak bekerja dengan baik, di mana ini bisa menyebabkan tubuh lemas sekaligus lebih cepat lelah. 
  5. Terlalu sering buang air kecil dan haus. Selalu merasa haus padahal sudah banyak minum? Waspadai kelebihan gula darah! Gula darah yang menumpuk di tubuh membuat ginjal bekerja lebih keras untuk membuang sekaligus menyaringnya, kondisi ini tentu bisa menyebabkan urin keluar semakin banyak serta buang air kecil pun menjadi lebih sering. Hilangnya banyak cairan ini tentu bisa menimbulkan rasa haus. 
Bagaimana? Apakah tanda-tanda yang sudah dituliskan di atas pernah Anda alami? Jika pernah, berhati-hatilah! –SH–

0 comments:

Posting Komentar

Share