14 Nov 2019

Amankah Membersihkan Telinga dengan Obat Tetes?




Sudah banyak orang yang menghindari cotton bud untuk membersihkan telinga mereka. Alasannya karena mereka takut berbagai risiko penggunaan cotton bud tersebut akan menimpa mereka. Meskipun mereka sudah memiliki asuransi kesehatan keluarga premi murah yang akan menanggung biaya berobat jika sakit, tetap saja mereka tidak mau mengambil risiko. Jelas saja, karena telinga merupakan salah satu indera penting dalam tubuh dan jika sampai sakit, bukan hanya biaya saja yang akan menjadi masalah, tetapi bisa memengaruhi masa depan Anda.

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga jika tidak menggunakan cotton bud? Biasanya ada satu cara yang banyak dipilih masyarakat saat ini, yaitu menggunakan obat tetes telinga. Namun, apakah cara ini dijamin aman?
Obat tetes telinga tersebut berfungsi untuk melunakkan kotoran telinga sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Menurut situs alodokter, penggunaan obat tetes telinga untuk membersihkannya memanglah aman selama digunakan dengan cara yang benar, yaitu:

  • Gunakan dalam jumlah yang tidak berlebihan dan sesuai aturan.
  • Setelah 2 atau 3 hari penggunaan obat tetes tersebut, miringkan kepala dan masukkan sedikit air hangat ke dalam telinga. Kemudian miringkan ke arah lainnya agar kotoran yang telah lunak dapat keluar bersama air.
  • Keringkan saluran telinga dan lap bagian dalam telinga secara perlahan.

Namun, meskipun penggunaannya aman bukan berarti obat ini selalu aman karena ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan jikaa Anda ingin menggunakannya, yaitu:

  • Anda tidak memiliki riwayat infeksi telinga
  • Anda tidak memiliki riwayat operasi telinga
  • Segera hentikan penggunaan jika terdapat keluhan setelah penggunaan
  • Selalu simpan obat ini di tempat yang sesuai dengan petunjuk

Selain itu, risiko terjadinya penyumbatan telinga akibat kotoran yang melunak semakin masuk ke dalam rongga telinga tetaplah ada. Itulah sebabnya Anda sangat disarankan untuk berhati-hati jika ingin menggunakan obat tetes ini. Namun jika Anda merasa ragu atau takut dengan risikonya, maka ada baiknya jika datang ke dokter THT untuk mengonsultasikan masalah membersihkan telinga yang tepat, khususnya untuk Anda yang pernah mengalami masalah pada telinga. Semoga membantu! (Vita)

0 comments:

Posting Komentar

Share