20 Nov 2018

Masih Mau Coba Diet Ekstrem? Ini Dampaknya Pada Kesehatan




Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal. Akan tetapi, untuk mewujudkannya tak semudah yang dibayangkan – butuh konsistensi dan komitmen yang kuat. Karena itu, orang-orang banyak yang tergiur untuk mengambil jalan pintas seperti melakukan diet ekstrem. Padahal, diet yang salah bisa mengganggu kesehatan. Jangan sampai akhirnya Anda harus menggunakan asuransi kesehatan dan melakukan Allianz klaim akibat jatuh sakit. Nah, supaya bisa lebih hati-hati lagi, coba simak beberapa dampak negatif diet ekstrem berikut ini!

Mengganggu metabolisme
Diet secara ekstrem seringkali disebut juga dengan istilah crash diet. Crash diet ini mungkin memang akan memberikan hasil yang instan tapi dibalik itu, crash diet dapat mengganggu metabolisme. Mengapa? Sebab saat Anda mengurangi porsi makanan secara ekstrem, tubuh akan memberi sinyal untuk memperlambat metabolisme. Sedangkan metabolisme yang melambat dapat mengganggu sistem pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tidak mencukupi nutrisi 
Tubuh membutuhkan makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Apabila jumlah makanan yang dikonsumsi berkurang drastis maka otomatis asupan nutrisi pun akan berkurang. Kekurangan nutrisi seperti ini dapat menimbulkan efek samping terhadap kesehatan. Misalnya seperti kekurangan zat besi yang dapat menyebabkan anemia. 

Tubuh lemas
Saat melakukan diet ekstrem, Anda pasti akan merasa kurang berenergi dan jadi mudah lesu sera lelah. Sebab ketika tubuh kekurangan makanan, tentunya sumber energi pun berkurang. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan membuat Anda kurang berkonsentrasi menjalani kegiatan sehari-hari. Selain buruk untuk kesehatan, hal ini tentunya juga akan memengaruhi performa Anda dalam bekerja. 

Berat badan akan kembali lagi secara cepat
Hasil yang instan biasanya tidak bertahan lama. Itulah yang terjadi pada crash diet. Jika Anda sudah selesai menjalani diet ini dan kembali ke pola makan yang normal, berat badan akan kembali naik dengan cepat. Bahkan bisa melebihi berat badan Anda sebelumnya karena biasanya rasa lapar Anda pun akan meningkat. 

Nah, itu dia beberapa dampak diet ekstrem yang dapat mengganggu kesehatan. Ternyata, cukup merugikan ya? (Rima)

0 comments:

Posting Komentar

Share