26 Nov 2018

Kenali Beberapa Penyebab Haid Tidak Lancar




Siklus menstruasi yang tidak teratur, mendadak lebih cepat atau juga bisa sebaliknya, dan perubahan derasnya pendarahan saat menstruasi bisa menunjukan masalah kesehatan yang sedang kalian hadapi. Meskipun butuh analisis lebih lanjut, tidak ada salahnya juga untuk mengenali kemungkinan-kemungkinan yang ada. Berikut ini adalah sejumlah penyebab gangguan menstruasi yang mungkin saja melatarbelakangi gangguan pada siklus menstruasimu. Mari kita simak berikut ini atau Abda bisa lihat referensi dari url ini https://www.guesehat.com/haid-tidak-lancar-mungkin-6-hal-ini-penyebabnya:

1. Masalah Tiroid
Kelenjar tiroid berperan dalam proses metabolisme yang juga berdampak pada siklus menstruasimu. Ketika kelenjar ini menjadi lebih aktif atau sebaliknya, ini juga berdampak pada jadwal tamu bulanan.

2. Fibroid Uterus
Fibroid uterus adalah pertumbuhan sel-sel otot di dalam rahim. Mereka bukan kanker, dan mereka tidak mengancam nyawa. Tapi mereka dapat menyebabkan segala macam gejala yang tidak nyaman, termasuk perdarahan menstruasi yang berat, terutama pada wanita berusia 30 sampai 40-an, kata Dr. Rosser, asisten profesor Obstetrics dan Gynecology.

3. Diabetes
Diabetes bagi tipe 1 maupun tipe 2 juga biasanya mengalami gangguan pada siklus bulanan mereka. Masalah jerawat dan menstruasi yang tidak teratur pada wanita dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 masing-masing, dapat dikaitkan dengan hormon laki-laki yang berlebihan, atau androgen. 

4. Endometriosis
Endometriosis terjadi ketika jaringan yang melapisi bagian dalam rahim (endometrium) mulai tumbuh di luar rahim. Pertumbuhan di ovarium, saluran tuba, atau jaringan panggul dapat menyebabkan pendarahan yang lebih berat dan juga rasa sakit teramat sangat. Ada beberapa penyebab tidak teraturnya siklus menstruasi seseorang.Ada beberapa penyebab tidak teraturnya siklus menstruasi seseorang. 

5. Terlalu Kurus
Ketika kalian memiliki tubuh yang under weight, kemungkinan untuk mengalami gangguan siklus menstruasi bisa jadi lebih besar. Sebab, hal ini akan menganggu hormon yang ada dalam tubuh, jelas Karen Carlson, MD, asisten profesor di Obstetrics and Gynecology, University of Nebraska Medical Center.

6. Kelainan
Segala jenis kelainan darah yang menyebabkan kesulitan pembekuan juga bisa mengakibatkan masalah pada periode, kata Dr Carlson. Salah satu contohnya adalah penyakit von Willebrand yaitu kelainan pendarahan yang mewarisi serta dapat menyebabkan kelainan menstruasi seperti pendarahan yang sangat berat.

0 comments:

Posting Komentar

Share