15 Jun 2017

Kenali Penyebab Jerawat dan Cara Pencegahannya




Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dihadapi oleh perempuan. Ketika jerawat muncul, rasanya tingkat kepercayaan diri pun menurun dan membuat mood seseorang langsung berantakan. Jerawat bisa timbul di wajah karena keberadaan bakteri jerawat. Bakteri penyebab timbulnya jerawat ini dapat ditemukan pada kulit area wajah. Bakteri jerawat bersifat lipofilik dan anaerob sehingga cenderung berkembang biak dengan cepat pada pori-pori akibat adanya kelebihan sebum atau kotoran lain pada kulit. Nah, buat kamu yang ingin ikutan kontes kecantikan Putri Purbasari dan menjaga wajah dari timbulnya jerawat, ini dia cara pencegahannya?
  1. Bersihkan kulit wajah dengan menyeluruh. Tindakan awal dan yang termudah untuk mengatasi jerawat adalah dengan membersihkan wajah dan menghilangkan kotoran di dalamnya. Selalu cuci muka dengan menggunakan sabun khusus muka secara menyeluruh dan hingga bersih. Jika kotoran dan sebum masih tersisa di kulit wajah, maka pori-pori akan tersumbat dan bisa menyebabkan perkembangbiakan bakteri penyebab jerawat.
  2. Bijaksanalah dalam menggunakan make up. Beberapa area di wajah mudah mengalami kelebihan sebum. Dengan memilih make up yang sesuai dan melakukan perawatan dengan hati-hati di area tersebut, maka kamu bisa mengurangi perkembangbiakkan jerawat. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan pada area wajah yang pernah muncul jerawat karena area tersebut merupakan lokasi yang sangat mungkin timbul jerawat.
  3. Jangan lupa menggunakan produk anti UV karena UV dapat memperparah jerawat. Banyak perempuan Indonesia yang mengabaikan sinar UV dan tidak menggunakan krim anti UV ketika hendak beraktivitas di pagi hari. Padahal oksigen aktif yang disebabkan adanya kontak langsung dengan sinar UV ternyata dapat mengoksidasi sebum pada kulit, yang kemudian menghasilkan lipid peroksida yang dapat memperparah keadaan kulit berjerawat sehingga jerawat cenderung meradang dan membengkak. Oleh karena itu, carilah produk yang mampu melindungi wajah dari sinar UV ketika hendak beraktivitas seharian.

Itu dia beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjaga kulit wajahmu tetap bersih tanpa kehadiran jerawat. Semoga membantu, ya!

0 comments:

Posting Komentar

Share