13 Mar 2024

Vagina Berbau Tidak Sedap, Kenapa Ya?




 Pernah gak sih kamu mengalami situasi mencium aroma kurang sedap dari area kewanitaan saat sedang buang air besar atau kecil? Tenang, sebenarnya bukan cuma kamu kok yang mengalaminya karena masalah ini tergolong umum terjadi. Bahkan, banyak juga yang telah membagikan informasi cara menghilangkan bau pada miss v untuk membantu mereka yang mengalami masalah bau pada vagina ini.

area kewanitaan
Photo by Wren Meinberg on Unsplash

Apakah saat ini kamu juga sedang mengalaminya? Jika iya, sebelum kamu coba menerapkan berbagai cara mengatasinya, ada baiknya jika kamu mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Sebab, beda penyebab maka beda juga cara mengatasinya.

Berbagai Penyebab Bau Pada Vagina

Ada beberapa penyebab umum yang membuat vagina berbau tidak sedap, tetapi ada juga yang penyebabnya ternyata adalah sesuatu yang lebih serius. Supaya kamu gak penasaran lagi, langsung saja kita bahas ya!

Tidak Menjaga Kebersihan

Vagina adalah area yang harus selalu kamu jaga kebersihannya. Cara membersihkannya juga harus kamu perhatikan, seperti hindari menggunakan cairan pembersih yang tidak diformulasikan khusus untuk area kewanitaan. 

Jika kamu bingung cara membersihkannya, sebenarnya ada cara yang sangat mudah untuk kamu terapkan. Kamu hanya perlu membasuh vagina dengan air mengalir yang bersih. Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkannya menggunakan tisu atau kain bersih dari arah vagina ke anus. Arah ini harus kamu perhatikan, tujuannya agar tidak ada bakteri dari anus yang ikut terbawa ke vagina jika kamu membersihkan dengan arah yang salah. Lakukan pembersihan vagina ini setiap kali kamu mandi, sehabis buang air besar maupun buang air kecil, dan juga mengganti pembalut saat sedang menstruasi.

Kebiasaan dan Aktivitas

Banyak perempuan yang merasa nyaman menggunakan celana dalam terlalu ketat, atau pun celana jeans yang sangat ketat. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata kebiasaan ini bisa membuat vagina menjadi berbau tidak sedap? Penyebabnya adalah karena sirkulasi udara di area kewanitaan menjadi terganggu. Akibatnya vagina akan rentan berjamur dan menimbulkan aroma tidak sedap.

Selain itu, aktivitas berat yang membuatmu berkeringat juga ternyata bisa menyebabkan vagina berbau tidak sedap. Termasuk juga saat kamu sedang stres, atau berada dalam kondisi lainnya yang membuat pH pada vagina menjadi tidak stabil.

Infeksi Jamur

Infeksi jamur yang terjadi pada vagina pastinya akan menyebabkan bau tidak sedap pada area ini. Namun, tidak hanya aroma yang tidak sedap saja, tetapi juga disertai dengan gatal di area vagina. Jika ini yang terjadi, maka ada baiknya jika kamu segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penyakit Menular Seksual

Selain infeksi jamur, seseorang yang menderita penyakit menular seksual juga bisa mengalami masalah vagina berbau tidak sedap. Salah satunya penyakit trikomoniasis, yaitu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit trichomonas vaginalis. Orang yang terinfeksi parasit ini akan memiliki bau yang tajam dan menyengat pada vaginanya. Kondisi ini tidak bisa diatasi sendiri dan sangat disarankan untuk segera mengonsultasikannya pada dokter.

Sebenarnya, vagina berbau memang tidak selalu menjadi penanda adanya masalah kesehatan yang serius. Namun, jika kamu mengalami ini dan disertai dengan gejala lain, seperti vagina gatal, maka disarankan segera mengonsultasikannya pada dokter.

Eits, tidak hanya penting mengetahui penyebab vagina berbau tidak sedap, kamu juga perlu tahu kalau darah implantasi dan darah haid berbeda, loh. Untuk itu, wajib untuk diketahui biar kamu nggak salah!

0 comments:

Posting Komentar

Share