26 Feb 2023

Kulit Kepala Sering Berminyak? Ternyata Ini Penyebabnya!




 Tidak semua yang bernama “minyak” itu buruk buat kesehatan. Buktinya adalah sebum—minyak alami kelenjar lemak kulit yang berfungsi melindungi elemen rambut sekaligus mengatur keseimbangan kelembapan kulit. Hanya saja, produksi sebum yang berlebih, misalnya di area kepala, pasti cukup mengganggu. Kira-kira apa, sih, yang bikin kulit kepala sering berminyak? Yuk, cari tahu jawabannya!

rambut indah
Photo by form PxHere

Dermatitis seboroik

Seborrheic dermatitis atau dermatitis seboroik adalah gangguan kulit yang membuat kulit kepala meradang—bersisik, berketombe, atau berwarna kemerahan. Menurut laman Healthline, gangguan ini dapat terjadi akibat reaksi alergi atau gejala kondisi autoimun tertentu. Meski begitu, gangguan ini tidak tergolong kondisi yang serius dan dapat diobati dengan perawatan mandiri di rumah.

Kondisi kulit tertentu

Penyebab kulit kepala sering berminyak berikutnya adalah kondisi kulit tertentu, seperti eksim atau psoriasis. Kedua kondisi langka ini bisa menyebabkan bercak merah bersisik di kulit kepala, hingga berakhir dengan pertumbuhan minyak berlebih. Pada umumnya, eksim atau psoriasis yang dialami seseorang itu berkaitan dengan disfungsi kekebalan tubuh. 

Jerawat di dahi

Forehead acnes atau jerawat di dahi itu bisa terjadi lantaran produksi minyak berlebihan dan zat sel kulit terperangkap dalam pori-pori. Kondisi ini, pada akhirnya, bisa menyebabkan bakteri jerawat tertentu menumpuk hingga menjadi benjolan jerawat.

Genetik

Ternyata, faktor genetik juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit kepala sering berminyak, lho! Tak cuma menyumbang ketebalan rambut, susunan gen seseorang juga bisa menentukan seberapa banyak produksi sebum atau minyak di kulit kepalanya.

Terlalu sering keramas

Siapa sangka kalau terlalu sering keramas justru bikin produksi minyak rambut di kepala bertambah banyak? Namun, begitulah adanya. Sebab tiap kamu mencuci rambut dengan sampo, saraf-saraf di otakmu akan mengirimkan sinyal ke kulit kepala untuk menghasilkan lebih banyak sebum. Jadinya, jumlah minyak di area kepalamu juga bisa berlebihan.

Tipe rambut

Lurus, gelombang, atau keritingnya rambut kamu juga bisa jadi penyebab kulit kepala mudah berminyak, lho. Sebagai contoh, orang dengan rambut lurus itu paling mudah berkeringat di area kulit kepala. Soalnya, batang rambut lurus tidak punya tekstur atau gelombang apa pun untuk “menahan” produksi minyak pada area kulit kepala. Jadinya, minyak di rambut lebih mudah terkumpul di seluruh kepala.

Nah, itulah dia beberapa pemicu kulit kepala sering berminyak. Semoga setelah mengetahui informasi ini, kamu bisa cari celah supaya kulit kepalamu tidak mudah berminyak lagi, ya!


0 comments:

Posting Komentar

Share