29 Apr 2021

#HomeRoutine: Lembapkan Kulit Wajah dengan Bahan Alami Ini




 Tahukah kamu kalau area kulit wajah, telinga, dan leher akan melepaskan sel-sel kulit mati yang lebih cepat dari area kulit lainnya? Hal ini disebabkan oleh eksposur sinar matahari yang lebih sering mengenai area-area tersebut. Sehingga, kelembapan kulit wajah dan sekitarnya harus terus terjaga agar tidak berakhir pada masalah kulit seperti jerawat atau noda hitam. Selain memakai moisturizer lokal yang bagus, kamu juga bisa, loh, gunakan beberapa bahan alami berikut untuk melembapkan kulit wajah. Dicek, yuk! 

Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Madu

Cairan manis dan kental dari sarang lebah ini memiliki kandungan emolien dan humektan alami yang bagus. Kedua komponen tersebut merupakan obat yang berfungsi sebagai pelembap. Tak heran jika madu sering disebut sebagai pelembap alami terbaik untuk kulit. Madu juga bagus untuk membersihkan pori-pori kulit dan mengembalikan kulit kusam, loh. Jadi, manfaat melembapkan kulit wajah dengan madu ada banyak, ya.

Cara mudah mengaplikasikan madu sebagai pelembap: oleskan madu alami ke bagian kulit wajah yang kering dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas area tersebut dengan air hangat. Kalau kamu punya kulit yang sangat kering, kamu bisa lakukan #HomeRoutine ini dua kali atau lebih dalam sepekan, ya.

Lidah buaya

Pasti kamu tak lagi asing dengan bahan alami kedua yang bisa kamu pakai untuk lembapkan kulit wajah ini. Pasalnya, lidah buaya sudah lama menjadi salah satu bahan baku pelembap tubuh, mulai dari kulit wajah, bagian tubuh lain, sampai rambut. Kandungan nutrisi vitamin E dan A, juga steroid nabati yang bersifat antiinflamasi merupakan alasan kepopuleran lidah buaya sebagai bahan alami pelembap kulit.

Untuk memakai lidah buaya sebagai pelembap, kamu perlu mengupas kulitnya terlebih dahulu. Ambil gel kemudian ekstrak memakai blender atau ditumbuk manual sampai halus. Aplikasikan gel tersebut ke kulit wajah sampai kering, kurang lebih 10 hingga 12 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. Kalau kamu punya sisa ekstrak gel lidah buaya, kamu bisa menyimpannya ke dalam wadah kedap udara untuk ditaruh di kulkas selama beberapa hari. Idealnya, kamu perlu mengoleskan gel lidah buaya setiap 2-3 hari sekali.

Kamu juga bisa mengaplikasikannya pada kulit di sekitar area mata. Misalnya ketika kamu sedang melakukan perawatan mata yang lelah dan menemukan bahwa kulit di area tersebut tidak sehat dan kering sebagai efek dari mata lelah, maka kedua bahan alami tersebut boleh kamu gunakan. Namun yang perlu diperhatikan, gunakan dalam jumlah wajar dan jangan terlalu dekat mata agar tidak menimbulkan risiko iritasi. 

Gimana? Mudah, bukan, melembapkan kulit wajah dengan bahan alami di atas? Kalau kamu kurang suka dengan madu atau gel lidah buaya, kamu bisa juga pakai susu, alpukat, atau jus timun, ya. Selamat mencoba!


0 comments:

Posting Komentar

Share