3 Nov 2018

Tips Makan Pedas Tanpa Sakit Perut




Bagi sebagian orang, rasanya tak lengkap kalau makan belum pakai sambal. Ya, rasa pedas memang menggugah selera makan tapi kalau kebanyakan efeknya bisa membuat perut terasa panas dan sakit. Apa kamu merupakan salah satu penggila pedas? Ternyata ada lho, cara mencegah sakit perut saat kamu makan makanan pedas. Namun tetap saja harus dibatasi jumlahnya. Jika berlebihan, dikhawatirkan ujung-ujungnya kamu malah harus mengonsumsi obat maag kronis akibat lambung perih karena kebanyakan makan pedas.

Dikutip dari Republika, ternyata mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cabai pada dasarnya tidak masalah. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bagaimana cara pembuatan makanan tersebut dan apa bahan yang digunakan untuk menimbulkan rasa pedas. Cabai sendiri mengandung serat dan vitamin C dan merupakan zat antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan. Bahkan dalam keadaan tertentu, cabai bisa meringankan sakit flu dan pilek. Akan tetapi, jika rasa pedasnya terlalu tajam seperti asam dari cuka, maka bisa menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan.

Lalu bagaimana cara mengonsumsi pedas agar tidak sakit perut? Berikut tipsnya.

Makan dengan Perlahan 
Rasa pedas justru akan semakin terasa jika kamu buru-buru menyantap makananmu. Oleh sebab itu, cobalah makan dengan perlahan agar ada jeda untuk meredakan efek zat capsaisin dari cabai.

Minum Susu
Jika kamu sering menonton acara challenge makan makanan pedas, biasanya mereka menyediakan satu karton susu sebagai minuman pereda pedas. Ternyata memang benar, susu bisa dikonsumsi untuk menetralkan asam dari makanan pedas. Namun jangan mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak ya, cukup setengah cangkir saja. 

Sediakan Air Es
Ada yang bilang mengonsumsi air hangat bisa meredakan rasa pedas. Namun air es atau air dingin ternyata juga bisa meredakannya lho karena akan memberikan efek brain freeze yang menyebabkan lidah mati rasa sesaat.

Konsumsi Antasida
Jika perutmu masih terasa kembung dan panas, cobalah untuk mengonsumsi antasida. Antasida ini seringkali digunakan pada obat maag untuk meredakan nyeri pada lambung. Perhatikan petunjuk pemakaian dan konsumsi dengan dosis yang tepat. 
Semoga bermanfaat! (Rima)

0 comments:

Posting Komentar

Share