7 Jun 2018

Tips Olahraga Aman untuk Lansia




Olahraga bisa menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi dan mengatasi penyakit lainnya. Maka jangan heran kalau orang yang rutin berolahraga cenderung lebih bugar dibandingkan yang tidak. Bahkan olahraga yang disertai dengan konsumsi beberapa makanan yang bisa memperlambat penuaan dini, bisa membuat Anda lebih awet muda. Namun, bagaimana kalau sudah terlanjur memiliki usia lanjut tapi tetap ingin rutin berolahraga? Tenang saja, para lansia juga tetap bisa berolahraga secara rutin asalkan melakukannya dengan tepat.

Sebenarnya, masing-masing individu terutama yang sudah lanjut usia, perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis olahraga apa yang cocok. Pada dasarnya, olahraga yang cocok untuk lansia dimulai dari olahraga yang ringan, lalu kemudian baru ditingkatkan secara bertahap. Contohnya seperti berikut ini. (source: manfaat.co)

Latihan kekuatan
Salah satu olahraga yang melatih kekuatan adalah angkat beban. Namun untuk lansia, beban yang digunakan bukanlah beban yang berat. Bisa dimulai dengan mengangkat beban yang ringan terlebih dahulu, seperti botol minum supaya persendian tidak kaget. Selain angkat beban, melatih kekuatan bisa dilakukan dengan duduk lalu bangun dari kursi secara perlahan.

Kegiatan Aerobik
Kegiatan aerobik baik dilakukan untuk membakar kalori dalam tubuh. Manfaatnya tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol pun bisa diturunkan. Tak hanya itu, aerobik juga dapat menjaga kesehatan jantung, persendian, dan meningkatkan stamina pada tubuh. Aerobik bisa dimulai dengan melakukan kardio selama 5 menit dalam beberapa hari baru kemudian dilanjutkan dengan 30 menit aktivitas aerobik.

Latihan keseimbangan 
Selain itu, lansia juga membutuhkan latihan keseimbangan. Latihan ini diperlukan untuk memperkuat bagian paha, pinggul, dan sekitarnya. Latihan yang dilakukan pun cukup mudah. Contohnya seperti berdiri di belakang kursi, lalu angkat satu kaki ke samping, dan pastikan posisi tubuh dalam keadaan seimbang.

Melatih otot
Melatih otot juga perlu dilakukan pada usia lanjut karena manfaatnya sangat besar bagi kesehatan. Untuk melatih otot sebenarnya tidak perlu bersusah payah layaknya anak muda. Cukup mulai dengan latihan gerakan seperti berjongkok dan berdiri. Tentunya saat melakukan ini diperlukan teknik pernapasan yang tepat dan dilakukan secara perlahan.

Nah, itu dia beberapa olahraga yang aman dilakukan oleh lansia. Semoga bermanfaat! (Rima)

0 comments:

Posting Komentar

Share