18 Jan 2018

5 Tanda Ibu Hamil Anak Kembar




Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling spesial bagi para ibu. Apalagi jika ternyata yang dikandung adalah bayi kembar. Pasti rasanya sangat bahagia saat mengetahui ada dua janin yang terdapat di dalam rahim. Jika Anda salah satunya, jangan lupa untuk konsumsi nutrisi yang cukup untuk ibu hamil bayi kembar, ya. Sebab mencukupi kebutuhan nutrisi merupakan salah satu faktor yang memungkinkan Anda untuk hamil kembar secara sehat. Lantas apa saja sih ciri-ciri yang bisa dijadikan pertanda apakah Anda hamil kembar atau tidak? Ini dia daftarnya:

1. Mual dan Muntah Lebih Parah
Rasa mual atau morning sickness memang wajar dialami di awal kehamilan. Akan tetapi, ibu hamil yang mengandung bayi kembar biasanya mengalami mual yang lebih hebat bahkan ada yang sampai mengganggu nafsu makan sehingga menurunkan berat badan secara signifikan. Hal ini biasanya terjadi karena perubahan hormon yang lebih banyak. 

2. Merasa Cepat Lelah
Jika Anda merasa cepat lelah hingga rasanya ingin berbaring dan duduk saja selama seharian, bisa jadi Anda mengandung bayi kembar. Ibu yang mengandung anak kembar biasanya cenderung lebih cepat merasa lelah. Hal ini perlu diatasi karena ketika hamil ibu tetap harus aktif bergerak.

3.Jantung Berdetak Lebih Cepat
Berbeda dengan kehamilan tunggal, kehamilan bayi kembar biasanya membuat jantung Anda berdetak lebih cepat karena perlu memompa darah yang lebih kuat ke rahim. Maka dari itu, sang ibu harus semakin cermat untuk menjaga kesehatan supaya janin tidak kekurangan oksigen.

4. Ukuran Perut Lebih Besar
Biasanya ukuran perut Ibu yang hamil bayi kembar akan sedikit lebih besar daripada yang hamil tunggal. Tidak hanya perut, ukuran payudara pun juga biasanya lebih membesar dan lebih nyeri. Bahkan pada beberapa kasus ada yang sampai kesulitan bernafas, edema atau bengkaknya kaki dan tangan dan berat badan yang naik secara drastis.

5. Kadar Alpha Fetoprotein Meningkat
Alpha Fetoprotein (AFP) merupakan protein yang diproduksi oleh liver dari kantung kuning telur selama kehamilan. Jika kadar AFP meningkat, bisa jadi dikarenakan adanya bayi kembar.
Bisa dilihat dari ciri-ciri di atas bahwa ibu hamil kembar ternyata mengalami masa-masa yang mungkin lebih merepotkan daripada kehamilan pada umumnya. Oleh karenanya, jika Anda mengalami ciri-ciri tersebut, periksakan ke dokter dan jaga kesehatan dengan baik. (Rima)

0 comments:

Posting Komentar

Share