8 Sep 2017

Makanan dan Minuman Ini Baiknya Tidak Dikonsumsi Ibu Hamil




Artikel Kesehatan - Memang, selama masa kehamilan ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan maupun minuman yang kaya akan zat nutrisi, tak terkecuali makanan sehat untuk ibu hamil muda. Meskipun demikian, namun tidak semua jenis minuman ataupun makanan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, mengingat beberapa makanan dan minuman dipercaya dapat menjadi pemicu munculnya mual berkepanjangan yang bisa menyerang ibu hamil baik di pagi, siang, dan malam hari. 

Untuk itu, supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada masa kehamilan, baiknya ibu hamil tidak mengonsumsi beberapa minuman dan makanan ini. Penasaran, apa sajakah itu? Simak, langsung ulasannya;

  1. Daging mentah. Mengapa ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi daging mentah? Ini karena di dalam daging mentah atau yang dimasak setengah matang tersimpan kandungan Toksoplasmasis yang bisa membahayakan janin yang ada di rahim. Toksoplasmasis sendiri merupakan salah satu parasit yang dapat mengakibatkan infeksi serius yang akan menyerang janin, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. 
  2. Ayam maupun Telur. Mengonsumsi ayam maupun telor sebenarnya tidak masalah bagi ibu hamil, namun tidak untuk ayam dan telur yang dimasak kurang matang atau bisa dibilang masih mentah. Sebab, ayam ataupun telur yang kurang matang, terkandung zat salmonella yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami diare berkepanjangan.
  3. Ikan. Berbagai jenis ikan seperti tuna, kerapu, kakap putih, dan ikan yang berukuran besar, ada baiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Lantaran, beberapa jenis ikan tersebut mengandung zat mercuri yang bisa mengakibatkan kerusakan syaraf janin yang terdapat di rahim apabila dikonsumsi dalam jumlah besar. 
  4. Minuman berkafein. Selain makanan, ibu hamil pun tidak dianjurkan untuk meminum minuman berkafein berupa kopi. Karena minuman berkafein ini bisa menyebabkan rendahnya berat bayi pada saat lahir nanti. Tidak cukup sampai disitu, minuman berkafein ini juga bisa mengakibatkan keguguran.
  5. Minuman alkohol. Untuk orang biasa saja minuman berakohol ini tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan, apalagi bagi ibu hamil yang tengah mengandung seorang bayi. Oleh sebab itu, ibu hamil pun sangat dilarang untuk mengonsumsi minuman satu ini, karena bisa menyebabkan perkembangan janin menjadi terganggu dan bisa memicu masalah emosional pada bayi ketika sudah besar. 
Itulah beberapa makanan dan minuman yang seharusnya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Semoga bermanfaat! –SH–

0 comments:

Posting Komentar

Share