10 Apr 2016

6 Tips Untuk Tidur Nyenyak Tiap Malam




Mendapatkan waktu tidur yang berkualitas merupakan satu hal yang ‘mewah’ untuk didapatkan bagi Anda yang bekerja di ibukota. Rutinitas yang padat, pekerjaan yang seolah tak ada habisnya, membuat Anda harus lembur demi menyelesaikan kewajiban yang sudah menjadi tanggung jawab Anda. Padahal, bergadang dan terjaga sepanjang malam tidak baik untuk tubuh dan kesehatan Anda, lho. Percuma saja menggunakan produk perawatan kulit wajah jika tidur Anda tidak terjaga. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Hindari kafein dan soda sebelum tidur. Kopi, teh, dan minuman bersoda memiliki kemampuan untuk membuat tubuh kita tetap terjaga meski sebenarnya sudah waktunya untuk istirahat. 
  2. Tentukan waktu untuk bangun dan tidur setiap harinya. Dengan waktu tidur yang sama setiap hari, Anda tengah membangun kebiasaan baik sedikit demi sedikit. Anda tidak akan kehilangan waktu tidur dan akan bangun lebih segar dari biasanya.
  3. Sempatkan untuk berolahraga setiap hari. Sesibuk apa pun Anda, selalu sempatkan untuk berolahraga meski hanya untuk lima menit. Tubuh yang aktif secara fisik bisa membantu Anda untuk tidur nyenyak setiap malamnya.
  4. Jika sulit tidur, jangan berdiam terus menerus di tempat tidur. Sibukkan diri Anda, entah membaca buku, menonton televisi, atau berolahraga singkat. Sibukkan tubuh Anda agar merasa lelah dan ingin tidur. Namun, batasi juga waktu untuk beraktivitasnya yah. Sebab jika tidak dibatasi, yang ada Anda terus terjaga sepanjang pagi.
  5. Dekorasi kamar tidur Anda tanpa hiasan yang berlebihan. Banyak orang yang cenderung mendekorasi kamar tidur dengan berlebihan tanpa memikirkan estetika. Berikan cahaya yang cukup, seprai yang lembut, dan juga batasi barang-barang yang ada di kamar agar Anda tidak mudah terdistraksi saat hendak tidur. Sebaiknya, jangan meletakan televisi di kamar tidur jika memungkinkan.
  6. Mandi air hangat sebelum tidur. Berendam di air hangat sebelum tidur bisa membuat tubuh Anda yang lelah menjadi rileks dan tenang. Efeknya, Anda menjadi mengantuk dan tidur menjadi lebih nyenyak.

0 comments:

Posting Komentar

Share