1 Mei 2013

Bahaya Pada Mainan Anak




Mainan Anak yang kini banyak beredar dipasaran kebanyakan adalah mainan yang berasal dari negara China. Seperti yang sudah diketahui bahaya mainan anak yang berasal dari China dapat merugikan bagi kesehatan. Bahan-bahan berbahaya yang ditemukan dalam mainan anak seperti timbal ditemukan lebih dari 80% mainan yang berasal dari China. Bukan hanya zat berbahaya yang tidak terlihat, bahan yang terlihatpun bisa menjadi berbahaya untuk kesehatan anak. Bahan dasar cat yang tidak aman serta mudah mengelupas membuatnya mudah tertelan oleh anak sehingga dapat menggangu kesehatan pencernaan anak.

mainan anak
Bagi orang tua yang sangat memperhatikan kesehatan anaknya pasti merasa was-was terhadap keadaan mainan yang banyak beredar dipasaran saat ini. Sudah banyak penelitian yang dilakukan YLKI tentang keamanan produk mainan dari negara China ini dan ditemukan bahan yang berbahaya bagi kesehatan seperti timbal (Pb), mercuri (Hg), cadmium (Cd) dan chromim (Cr). Bukan hanya mainan yang mengandung timbal, banyak benda lain yang mengandung bahan berbahaya ini seperti crayon, pensil berwarna yang biasa anak-anak pakai untuk menggambar.

Peranan orang tua dalam memilih mainan anak yang aman bagi kesehatan anak-anaknya sangatlah penting. Pemilihan mainan anak yang aman bagi kesehatan anak sangat menunjang untuk keamanannya. Dalam memilih mainan anak perlu diperhatikan bahan dasar pembuatan mainan apakah aman bila digunakan anak kecil. Perhatikan juga label pada kemasan tentang cara penggunaan mainan yang benar. Sekali lagi peran serta orang tua sangat penting untuk perkembangan tumbuh kembang anak, karena mainan diciptakan untuk sarana belajar anak bukan sebagai sumber yang dapat membahayakan kesehatannya.

Mainan asal China memang memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan mainan asal lokal, namun jangan pernah terpengaruh karena harga. Karena kesehatan anak adalah nomor satu yang harus diutamakan. Lebih baik membeli mainan yang harganya sedikit lebih mahal terutama untuk mainan edukatif, dimana yang telah memiliki sertifikat keamanan yang aman digunakan untuk anak-anak. Dengan memilih mainan yang telah memiliki sertifikasi aman, akan membuat anak dapat bermain dengan aman dan orang tua menjadi lebih tenang.

0 comments:

Posting Komentar

Share