18 Nov 2019

Mau Sapih Bayi Dari Botolnya? Trik Ini Wajib Dicoba




Kaum ibu memang boleh bernafas lega ketika bayi sudah tak minum ASI dan beralih minum susu formula menggunakan botol. Namun jangan senang dulu, karena ketergantungan bayi akan botol susu juga tak boleh terlalu lama, agar anak bisa jadi mandiri. lantas bagaimana cara menyapih botol susu yang benar agar buah hati Anda tidak stress?

Pilih Waktu, Bertahap, Dan Konsisten

Tiga langkah ini harus Anda lakukan dengan benar, agar proses penyapihan botol susu berjalan lancar. Mulai dari memilih waktu yang tepat, lakukan bertahap, dan pastikan konsisten hingga bayi benar-benar tak tergantung lagi dengan botol susu yang pastinya selalu Anda cuci menggunakan sabun botol susu bayi yang berkualitas sehingga si anak sangat menyukainya.

Waktu Tepat
Jangan melakukan penyapihan saat anak sedang sakit, lapar, badmood atau sedang kelaparan, karena itu hanya akan membuatnya bertambah stress. Lakukanlah sambil bermain, atau saat dia sedang bisa diajak berkompromi. Jadi Anda bisa menjelaskan bahwa sudah saatnya dia minum susu dari gelas, bukan dari botol lagi.

Bertahap
Maksudnya adalah cobalah terlebih dahulu menyapih sekali seminggu, lalu meningkat menjadi sekali tiga hari, hingga akhirnya bayi bisa benar-benar tak tergantung lagi dengan botol susunya. Anda bisa beralasan bahwa botolnya perlu diganti atau sudah sangat bau sehingga perlu dibersihkan dengan https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/tips-mengatasi-bau-pada-botol-susu-bayi

Konsisten
Penyapihan harus dilakukan konsisten agar bayi atau anak Anda benar-benar tahu bahwa dia tidak boleh lagi menggunakan botol susu. Jangan sampai ketika bayi sudah lepas dari botol kesayangannya, dan dia sedang rewel kemudian Anda memberikan kembali botol tersebut. Itu hanya akan membuat proses penyapihan gagal total dan harus dimulai dari awal lagi.

Banyak hal positif yang bisa diambil dari penyapihan botol susu sejak dini pada bayi dan anak. Selain membuat mereka lebih cepat mandiri juga akan membuat anak bisa aktif dan kreatif, sebab dia memiliki banyak waktu lebih untuk mengeksplorasi dunia di sekitarnya yang biasanya hanya sedikit sebab kebanyakan waktu dihabiskan minum susu dengan botol hingga tertidur.

0 comments:

Posting Komentar

Share