19 Mar 2019

Hindari Tiga Hal Ini Jika Kamu Punya Kulit Berminyak




Kulit berminyak tentu berbeda dengan kulit kering. Jika kamu memiliki kulit kering, kamu bisa menggunakan handbody atau bahkan sabun susu kambing ketika mandi untuk melembapkannya. Namun demikian, bagaimana dengan kulit berminyak? Memiliki kulit berminyak, berarti kamu harus sabar dalam menghadapi kondisi kulit yang terlihat mengkilap dan penuh minyak setiap saat. Ini tiga hal yang sebaiknya kamu hindari agar kulit berminyak tidak semakin parah:

1. Mencuci muka terlalu sering. Ketika udara di luar sedang panas-panasnya, keinginan untuk mencuci muka memang ikut meningkat. Pasalnya, kulitmu terasa semakin berminyak, lengket, dan pastinya terasa tak nyaman. Namun demikian, terlalu sering mencuci muka juga tidak baik, lho. Bukannya wajah terasa bersih dan ringan, yang ada kulitmu malah semakin rusak. Pasalnya, sabun cuci wajah yang kamu gunakan bisa membuat kulit wajah kering. Ketika kulit mengalami dehidrasi (dalam artian kulit kering), maka produksi minyak akan semakin meningkat untuk menggantikan minyak yang hilang. Alhasil kulit wajah kamu akan semakin berminyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat pun mudah muncul.

2. Tidak pakai pelembap. Banyak pemilik kulit berminyak merasa bahwa mereka tak perlu lagi menggunakan pelembap setiap hari. Padahal, pelembap ini berfungsi untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Jangan takut untuk memakai pelembap, sebab produk yang tepat tak akan membuat kulit wajahmu mengkilap, kok. Pilihlah pelembap yang khusus untuk kulit berminyak. Biasanya, pelembap ini berbasis air dan bebas minyak sehingga aman untuk digunakan.

3. Melewatkan sunscreen atau tabir surya. Selain pelembap, tabir surya juga seringkali dilewatkan nih oleh pemilik kulit kuring! Alasannya sama seperti poin di atas: takut kulit wajah terlihat lebih mengkilap karena olesan tabir surya. Well, padahal kulit wajah, apa pun jenisnya, tak boleh terkena paparan sinar matahari langsung, lho. Baik hujan atau cerah, di dalam atau luar ruangan, sebaiknya selalu gunakan tabir surya sesuai dengan jenis kulit.

Itu dia tiga hal penting yang tak boleh dilewatkan kalau kamu punya kulit berminyak. Silakan diterapkan, ya!

0 comments:

Posting Komentar

Share