og:image'/>

2 Nov 2018

Atasi Mual Saat Sakit Maag Dengan Cara Ini




Ketika sakit maag kambuh, rasa mual pasti akan muncul dan mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas. Meskipun sudah mengonsumsi obat maag sekalipun, rasa mual yang sudah muncul ini terkadang tidak juga hilang. Nah, jika Anda sedang mengalaminya saat ini, Anda bisa coba bantu mengurangi rasa mual tersebut dengan beberapa cara, antara lain:
Cukupi kebutuhan cairan
Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dapat bantu menetralisir asam lambung sehingga dapat mengurangi rasa mual. Namun, untuk beberapa orang yang belum terbiasa minum atau tergolong jarang minum, mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup banyak mungkin akan meningkatkan rasa mual. Untuk mengatasinya, minumlah air putih dalam jumlah sedikit tapi sering. Dengan begitu, kebutuhan air akan tetap terpenuhi dan rasa mual juga bisa teratasi.
Makan secukupnya
Perut yang kosong dapat semakin memperparah gejala pada penderita maag. Ada baiknya jika Anda tetap menjaga agar perut terus terisi tetapi jangan berlebihan, sebab makan terlalu kenyang tidak baik untuk pencernaan. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering.
Makan perlahan
Mengonsumsi makanan terlalu cepat akan membuat perut Anda terasa kembung dan semakin tidak nyaman. Selain itu, ada baiknya jika Anda enyediakan waktu untuk beristirahat sejenak setelah makan. Misalnya dengan duduk santai dan mulai kembali beraktivitas dengan kegiatan yang tidak terlalu berat. Jika Anda berencana untuk berolahraga, Anda bisa melakukannya dengan memberi jarak 1 jam setelah makan.

Selain ketiga cara di atas, Anda juga bisa mengurangi rasa mual dengan mengonsumsi buah.  Ada beberapa buah yang dipercaya baik untuk dikonsumsi oleh penderita maag karena tidak hanya dapat mengatasi mual, tetapi juga membantu proses penyembuhan. Beberapa buah yang dimaksud yaitu apel, pisang, dan alpukat. Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang memiliki cita rasa segar dan manis untuk mengatasi mual ini. Dan tentunya, hindari makanan apapun yang dapat memicu kembalinya rasa mual. Untuk jenis makanannya sendiri, diluar dari makanan yang dapat memperparah sakit maag, bisa saja berbeda jenisnya pada setiap orang. (Vita)

0 comments:

Posting Komentar

Share