9 Sep 2018

Mata Uang Rupiah Melemah, Ini Dampaknya Bagi Masyarakat!




Saat ini, nilai kurs rupiah terus mengalami penurunan terhadap dollar Amerika. Namun, nilai tukar dollar tersebut malah terus melonjak tajam, yang mana awalnya hanya berkisar sekitar Rp 13.000 menjadi Rp 15.000. Terjadinya penurunan rupiah terhadap dollar ini tentu sangat merugikan negara, khususnya bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Terdapat beberapa dampak buruk yang ditimbulkan akibat melemahnya nilai mata uang rupiah tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut ini. Here we go!
1. Melambatnya pertumbuhan ekonomi. Salah satu dampak yang paling terasa setelah terjadinya penurunan nilai tukar ini adalah pertumbuhan ekonomi menjadi melambat. Jika perekonomian melambat, tentu setiap usaha yang dijalankan masyarakat Indonesia tidak akan berjalan dengan semestinya. Untuk menanggulangi hal ini, alangkah baiknya sebagai masyarakat Indonesia kita berhenti dulu membeli produk dari luar akan tetapi belilah produk dalam negeri. Mana tau, dengan cara ini dapat membantu menstabilkan mata nilai tukar rupiah.

2. Terjadinya pemutusan hubungan kerja. Tidak hanya pertumbuhan ekonomi, semakin melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar membuat banyak industri di Indonesia memutuskan hubungan kerja dengan para karyawannya. Jika sudah begini, tentu akan semakin banyak saja buruh pabrik yang diberhentikan dari pekerjaan dan mereka pun akan berstatus menjadi pengangguran. Syukur-syukur kalau mereka memiliki usaha sampingan, apabila tidak, tentu saja mereka akan kesusahan untuk mendapatkan pekerjaan nantinya.

3. Harga sembako mengalami peningkatan. Selain itu, melemahnya nilai mata uang rupiah membuat harga sembako terus meningkat tajam. Jika harga sembako melonjak naik, tentu yang akan mendapatkan kesulitan adalah masyarakat menengah ke bawah. Mereka tidak akan sanggup membeli sembako tersebut, apalagi baru saja menjadi penggangguran akibat di PHK dari tempat bekerja. Melihat ini, tentu kemiskinan pun akan mengalami peningkatan di Indonesia.

4. Kesehatan masyarakat menjadi terganggu. Siapa yang bisa menduga, menurunnya nilai mata uang malah dapat menggangu kesehatan masyarakat. Kok, bisa? Yap, ini akibat dari masyarakat tidak mampu membeli bahan makanan yang layak konsumsi, sehingga alhasil penyakit pun akan muncul di mana-mana.

Selain keempat dampak buruk yang sudah disebutkan tersebut, penurunan nilai tukar ini juga memberikan dampak buruk lainnya, seperti: 
- Tingkat depresi semakin tinggi
- Angka putus sekolah terus mengalami peningkatan
- Kesejahteraan masyarakat menjadi terganggu
- Masyarakat tidak akan hidup tentram lagi
Itulah beberapa dampak buruk yang ditimbulkan akibat melemahnya mata uang Indonesia. Harapan kita semoga nilai tukar rupiah kembali stabil. –SH–

0 comments:

Posting Komentar

Share