8 Nov 2017

Mikronutrien yang Dibutuhkan oleh Ibu Menyusui




Selain memerhatikan konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh, Ibu yang sedang menyusui juga harus jeli dalam memperkirakan nutrisi yang ada di dalam tubuh apakah sudah cukup atau belum. Sebab nutrisi yang ada di tubuh Ibu akan ditransfer pada si kecil melalui ASI, sehingga memastikan kalau ASI Ibu berkualitas adalah sesuatu yang wajib. Oleh sebab itu, selain mengonsumsi makanan yang bergizi, Ibu pun disarankan untuk minum susu ibu menyusui.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, jangan lupa pula untuk memenuhi kebutuhan nutrien berikut ini:
  1. Zat besi. Selama menyusui, Ibu membutuhkan zat besi sebanyak 27 mg perharinya, lho. Cukup banyak, kan? Oleh sebab itu, Ibu harus rajin mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti sayuran berdaun hijau, roti gandum, atau bahkan daging merah. Hanya saja, pastikan daging yang dikonsumsi sudah matang sempurna, ya!
  2. Kalsium. Tidak hanya zat besi, Ibu juga membutuhkan kalsium selama proses menyusui. Kalsium ini bermanfaat untuk membantu perkembangan tulang si bayi dan juga memberikan energi pada Ibu. Jumlah kalsium yang harus dikonsumsi oleh Ibu setiap harinya adalah 1200 mg. Ibu bisa mendapatkan kalsium dari keju, yoghurt, dan juga susu.
  3. Asam folat. Nah, ini dia mikronutrien yang wajib dipenuhi saat sedang mengandung atau ketika menyusui. Ibu membutuhkan asam folat sekitar 600-800 mcg per hari saat sedang menyusui. Untuk memenuhinya, Ibu bisa mengonsumsi telur, kacang-kacangan, dan juga sayuran berdaun hijau. Silakan atur menu makanan hariannya agar gizi terpenuhi ya, Bu.
  4. Vitamin B12. Selama menyusui, Ibu juga membutuhkan vitamin B12 sebanyak 2,6 mg setiap harinya. Vitamin ini bisa Ibu temukan alam ikan, hati, produk kedelai, dan juga serealia yang kaya akan serat.
  5. Zink. Mikronutrien lain yang Ibu butuhkan adalah zink. Ibu membutuhkan zink setidaknya 11 mg perhari. Untuk memenuhi kebutuhan zink, Ibu bisa mengonsumsi kerang, lobster, udang, dan juga daging.
Itu dia daftar mikronutrien yang harus Ibu penuhi saat sedang menyusui. Kurangnya mikronutrien akan berdampak pada rendahnya kadar vitamin serta mineral yang akan diterima oleh bayi melalui ASI. Dengan demikian, perkembangan dan pertumbuhan mereka pun menjadi tidak optimal.

Nah, untuk melengkapi kebutuhan mikronutrien ini, Ibu juga bisa mengimbanginya dengan minum susu khusus ibu menyusui. Susu ini biasanya mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil seperti zat besi, asam folat, inulin, dan juga omega 3 & 6. Jika Ibu masih mengalami masalah seputar menyusui, Ibu bisa mengikuti konsultan laktasi yang sangat bermanfaat terutama untuk ibu yang baru memiliki anak pertama.

0 comments:

Posting Komentar

Share