10 Okt 2019

Bra yang Salah Bisa Menyebabkan Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?




Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang sangat ditakuti oleh masyarakat. Wajar saja, karena hampir semua orang yang divonis menderita penyakit ini memiliki harapan hidup yang sedikit. Meskipun cukup banyak juga yang berhasil sembuh, tetapi proses pengobatan yang dilakukan sangat sulit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Itulah sebabnya, banyak orang yang berusaha mencegah penyakit ini datang sebelum terlambat, salah satunya yaitu dengan menggunakan merk bra berkualitas.

Loh, memang apa kaitannya bra dengan kanker? Hmm, mungkin banyak dari Anda yang masih bingung atau mungkin banyak juga yang justru meng-iya-kan. Memang, hingga saat ini masih banyak wanita yang percaya bahwa penggunaan bra yang tidak tepat dapat menjadi penyebab munculnya kanker, yaitu kanker payudara. Namun, apakah hal tersebut benar ataukah mitos? Untuk menjawabnya, yuk kita bahas lebih dalam mengenai pernyataan tersebut.
Hingga saat ini sudah ada banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kaitan antara penggunaan bra yang tidak tepat terhadap kanker. Biasanya bra yang dianggap sebagai penyebab kanker adalah bra yang menggunakan kawat. Menurus situs hellosehat.com, Kepercayaan ini bisa muncul karena penelitian yang dilakukan oleh sepasang suami istri di Amerika Serikat bernama Sidney Ross Singer dan Soma Grismaijer pada tahun 1995. Mereka melakukan survei terhadap lima ribu wanita dan hasil dari survei tersebut yaitu wanita yang menggunakan bra berkawat lebih rentan terkena kanker payudara dibandingkan dengan bra biasa.
Selain itu, ada beberapa buku yang juga membahas mengenai kaitan antara bra dan kanker payudara dan dalam buku tersebut menyatakan bahwa kedua hal tersebut memang berhubungan. Contohnya seperti buku berjudul Dressed to Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras yang terbit pada tahun 2005. Dan masih ada beberapa penelitian lain yang menyetujui pendapat bahwa keduanya berkaitan.
Namun, ada juga pendapat yang menyatakan bahwa bra berkawat aman selama tidak terlalu ketat saat digunakan. Sebab, bra yang terlalu ketat akan menghalangi proses pembuangan limbah tubuh melalui kelenjar limfa. Hal ini akan membuat proses pembuangan toksin dalam tubuh terganggu sehingga meningkatkan zat karsinogenik yang merupakan racun penyebab kanker.

Fakta

Kenyataannya, hingga saat ini belum pernah ada penelitian yang benar-benar menunjukkan hasil valid mengenai hubungan keduanya. Sebab, para peneliti yang menyatakan bahwa keduanya berhubungan tidak mempertimbangkan faktor lain yang dapat menyebabkan sel kanker dalam tubuh berkembang. Misalnya saja seperti:

  1. Gaya hidup tidak sehat (mengonsumsi alkohol atau rokok)
  2. Obesitas
  3. Tidak pernah olahraga
  4. Memiliki keluarga dengan riwayat kanker
  5. Dan sebagainya

Artinya, Anda tidak perlu khawatir dengan peenyakit ini meskipun menggunakan bra berkawat sekali pun. Namun fakta bahwa menggunakan bra terlalu ketat tidak baik untuk kesehatan memang benar adanya. Sebab, ketika Anda menggunakan bra terlalu ketat, maka akan membuat bagian tubuh Anda tertekan sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Itulah sebabnya, penggunaan bra dengan ukuran yang pas tetap sangat disarankan. Semoga bermanfaat! (Vita)

0 comments:

Posting Komentar

Share