5 Agt 2017

3 Alasan Ibu Hamil Wajib Memerhatikan Kesehatan Gigi




Seperti yang sudah sangat jelas kita ketahui, jika menjaga kesehatan gigi maupun mulut memang sangat wajib untuk diperhatikan. Sebab, mulut maupun gigi yang tidak sehat, akan berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Begitupun dengan seorang ibu hamil, ibu hamil yang tidak pernah menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak menutup kemungkinan lebih beresiko terkena berbagai macam penyakit, lantaran kuman yang berserang di mulut akan sangat mudah masuk ke dalam rahim. Meski, sudah memakan makanan sehat sekaligus meminum susu UHT untuk ibu hamil, namun bila kesehatan gigi ini tidak diperhatikan tentu dapat berdampak buruk bagi janin dan ibu hamil.

Lantas, kenapa kesehatan gigi maupun mulut penting dijaga oleh seorang ibu hamil? Berikut ini beberapa alasan yang bisa menjelaskannya.

1. Terganggunya asupan makanan bergizi untuk sang janin maupun ibu hamil. Biasanya, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan bergizi yang baik untuk kesehatan janin maupun tubuh ibu hamil. Kendati demikian, namun apabila kesehatan gigi dan mulut ibu hamil tidak terjaga dan mengalami gangguan, maka tentu akan berdampak dengan terganggunya asupan gizi yang harus dicukupi oleh ibu hamil. Terlebih, apabila gigi ibu hamil mengalami keropos dan berlubang, tentu saja akan semakin menimbulkan dampak buruk karena ibu hamil tidak dapat mengunyah makanannya.

2. Memunculkan banyak penyakit. Selama masa kehamilan, biasanya hormon di dalam tubuh ibu hamil baik itu estrogen maupun progesteron akan mengalami perubahan dan dapat mempengaruhi kesehatan gigi ibu hamil. Seperti misalnya, sering mengalami muntah dan kelebihan air liur yang membuat ibu hamil sering meludah. Nah, apabila hal ini dibiarkan saja tanpa adanya perawatan dengan cara berkumur ataupun menggosok gigi, tentu akan membuat gigi dan mulut akan ditumbuhi banyak kuman sekaligus bakteri yang bisa memunculkan sakit gigi, bau mulut, sariawan, dan lainnya.

3. Menularkan infeksi kepada janin di dalam kandungan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Case Western Reserve University pada tahun 2010 silam, menyatakan bila kesehatan gigi dan mulut yang tidak diperhatikan dapat menularkan infeksi kepada janin di dalam kandungan. Sebab, kuman yang menyerang gigi dapat menginfeksi gusi, dan bila masuk ke dalam rahim dapat menggugurkan kandungan.

Itu sedikit ulasan mengapa seorang ibu hamil harus selalu memerhatikan kesehatan giginya. Semoga bermanfaat! –SH–

0 comments:

Posting Komentar

Share