10 Jul 2017

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama




Trimester pertama kehamilan adalah masa dimana kehamilan masih berada dalam kondisi yang sangat sensitif. Tidak hanya itu saja, cukup banyak juga ibu yang mengalami masalah mual dan muntah secara berlebihan saat berada dalam masa ini. Akibatnya, Anda membutuhkan susu ibu hamil demi memenuhi nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin selama masa awal kehamilan.

Namun, meskipun Anda sudah mengonsumsi susu ibu hamil sekalipun, sebenarnya Anda tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan. Memang untuk Anda yang mengalami masalah mual hal ini terasa agak memberatkan, akan tetapi demi kesehatan Anda dan janin tetap saja harus dilakukan.

  • Karbohidrat
Pada masa kehamilan, Anda akan membutuhkan asupan energi yang cukup. Sebab energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih besar dibandingkan dengan orang tidak hamil. Apalagi jika Anda juga sering beraktivitas, misalnya bekerja pada masa hamil. Untuk itulah, mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi ini, agar Anda tidak merasa lemas saat beraktivitas. Jangan takut gemuk, asalkan Anda mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan, maka hal ini bukanlah masalah.
  • Sayur dan Buah
Kedua jenis makanan ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan berbagai nutrisi pada ibu hamil. Konsumsilah buah dan sayur dengan jenis yang berbeda secara teratur, untuk memenuhi kebutuhan seluruh nutrisi secara seimbang. Berbagai nutrisi ini sangat bermanfaat untuk memperkuat janin, mejaga kesehatan Anda dan janin, serta menjaga daya tahan tubuh. 
  • Kacang-kacangan
Mungkin Anda akan sering merasa lapar pada saat hamil. Nah, jika Anda sedang mencari makanan untuk dikonsumsi pada jam tanggung, sebaiknya pilihlah kacang atau sereal. Kedua makanan ini mengandung karbohidrat, vitamin B, dan kalsium yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh Anda. Selain itu, mengandung folid acid (asam folat) yang sangat penting untuk perkembangan janin, seperti mencegah kecacatan pada janin. Sebab, salah satu penyebab janin mengalami kecacatan yaitu tidak terpenuhinya nutrisi khususnya folid acid pada masa awal kehamilan. (Vita)

0 comments:

Posting Komentar

Share