20 Nov 2013

Jenis Makanan Sebelum Olahraga




Olahraga adalah salah satu cara yang dilakukan untuk dapat hidup sehat atau sebagai Cara Menurunkan Berat Badan. Banyak jenis olah raga yang dilakukan, mulai dari yang paling simple yaitu jogging sampai senam atau fitness. Tujuan dari olahraga adalah untuk menggerakan tubuh agar tetap dapat melatih dan membakar kalori atau lemak pada tubuh.

Untuk melakukan aktifitas olahraga ini tubuh membutuhkan energy untuk melakukan aktifitas berolahraga. Oleh karena itu salah bila berpikir bila akan olahraga jangan makan terlebih dahulu. Namun apakah semua jenis makanan baik atau cocok dikonsumsi sebelum olahraga. Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga.
  • Karbohidrat, protein atau lemak ?
Jenis makanan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga adalah yang memberikan energy secara instan, sehingga dapat memberikan bahan bakar untuk melakukan aktifitas berat seperti olahraga. Jadi jenis makanan mana yang terbaik dikonsumsi sebelum olahraga?. Karbohidrat dapat memberikan energi kepada tubuh secara instan untuk melakukan aktifitas. Untuk protein dan lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat dicerna secara sempurna sehingga beresiko mengalami masalah pencernaan pada saat olahraga.
Dengan demikian porsi yang baik dikonsumsi adalah 3:1 untuk karbohidrat : protein dan sedikit lemak. Untuk hal ini sumber karbohidrat yang mudah dicerna adalah yang berasal dari buah seperti pisang, mangga, nanas, buah smoothie dan lainnya.
  • Karbohidrat olahan atau kompleks
Konsumsi karbohidrat sebelum berolahraga tidak harus menggunakan karbohidrat olahan ( roti, biscuit, kue ). Lebih baik memilih karbohidrat komplek yang banyak mengandung serat seperti pada sayuran, buah – buahan serta biji – bijian. Karbohidrat komplek selain kaya akan serat juga banyak mengandung antioksidan, mineral dan vitamin yang membuat jenis makanan ini sangat baik untuk sebelum berolahraga.
  • Minum air putih
Aktifitas olahraga pasti sangat banyak mengeluarkan keringat yang dapat menyebabkan banyaknya kehilangan cairan tubuh dan dehidrasi. Dehidrasi pada tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kram, sakit kepala dan sangat kelelahan. Oleh karena sangat disarankan untuk konsumsi air putih sebelum berolahraga.
  • Konsumsi Sodium
Pada saat berolahraga banyak cairan elektrolit tubuh yang terbuang seperti natrium. Oleh karena perlu konsumsi minuman yang seperti air kelapa atau minuman elektrolit yang dapat mengganti cairan tubuh sebelum mulai berolahraga.

Dengan mengetahu beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi sebelum melakukan olahraga dapat mendukung mendapatkan manfaat kesehatan dari olahraga.

0 comments:

Posting Komentar

Share