5 Okt 2022

Apa Itu Vitamin B Kompleks dan Manfaatnya Bagi Tubuh?




 Vitamin B kompleks adalah kumpulan dari delapan jenis Vitamin B larut air dan biasanya dikemas ke dalam satu jenis suplemen. Setiap jenis vitamin ini memiliki manfaaat yang berbeda bagi tubuh, yaitu:


  • Vitamin B1 (tiamin)

Tiamin bermanfaat untuk membantu kerja sel tubuh mengubah karbodidrat menjadi energi. Selain itu juga membantu menjaga saraf agar selalu dalam kondisi baik dan sehat.

Vitamin ini bisa didapatkan dari salmon, daging sapi, tuna, dan kacang-kacangan.

  • Vitamin B2 (riboflavin) 

Riboflavin berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, saraf, mata, dan juga sel darah merah. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu proses penyembuhan migrain serta menurunkan kadar amino dalam darah.

Vitamin ini bisa didapatkan dari daging, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

  • Vitamin B3 (niasin)

Niasin bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, sistem pencernaan, sel saraf serta berperan penting dalam metabolisme tubuh. Tidak hanya itu saja, niacin juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dengan menurunkan produk si protein yang bertugaas mengangkut kolesterol di darah.

Vitamin ini bisa didapatkan dari susu, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

  • Vitamin B5 (asam pantotenat) 

Asam pantotenat berperan dalam produksi hormon dan juga kolesterol dalam tubuh. Selain itu, berfungsi juga untuk membantu memecah karbohidrat, lemak, serta protein dalam tubuh. 

Vitamin ini bisa didapatkan dari brokoli, ubi, kentang, kubis, gandum utum, dan daging.

  • Vitamin B6 (piridiksin)

Priridiksin berperan dalam proses pembentukan energi dari lemak, protein, dan karbohidrat. Tidak hanya itu, vitamin ini juga bermanfaat untuk menjaga antibodi tubuh, membantu produksi sel darah merah, membantu pembuatan neurotransmiter, dan menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.

Vitamin ini bisa didapatkan dari daging, ikan, telur, oat, dan kacang-kacangan.

  • Vitamin B7 (biotin)

Biotin berperan dalam metabolisme karbohidrat dan lemak, serta membantu mengelola gen. Vitamin ini juga bermanfaat penting bagi ibu hamil untuk mencegah adanya kelainan bawaan pada janin. 

Vitamin ini bisa didapatkan dari salmon, ayam, telur, kacang-kacangan, dan sereal gandum.

  • Vitamin B9 (asam folat)

Asam folat merupakan vitamin penting dalam pembentukan sel darah merah dan putih, juga pembelahan sel yang tepat, serta materi genetik, seperti DNA. Pada ibu hamil, asam folat bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin. 

Vitamin ini bisa didapatkan dari sayuran hijau, kacang-kacangan, pepaya, pisang, dan hati.

  • Vitamin B12 (kobalamin)

Kobalamin berfungsi untuk membantu proses pembentukan sel darah merah yang sehat dan mengoptimalkan fungsi saraf. Selain itu, juga berperan penting dalam menghasilkan energi, produksi DNA, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin ini bisa didapatkan dari daging, hati, telur, ikan, yogurt, dan keju.

Untuk memenuhi semua kebutuhan vitamin di atas, banyak yang kemudian mengonsumsi suplemen B kompleks karena sudah mengandung semua vitamin tersebut. Hal ini tidak salah jika memang tubuhmu kekurangan vitamin B kompleks. Namun jangan lupa, meskipun vitamin B kompleks ini memiliki manfaat, tetapi ada batasan konsumsi harian dan tidak boleh melebihi batasan tersebut.

Jadi, jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu atau sering mengonsumsi berbagai jenis makanan yang sudah kaya akan vitamin B, ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum rutin mengonsumsi suplemen. Dengan begitu, kamu jadi bisa mengonsumsinya dengan tenang dan aman tanpa takut berlebihan.

0 comments:

Posting Komentar

Share