18 Jun 2020

Ini Dampak yang Terjadi Jika Memiliki Gaya Hidup Pasif




Pergi ke kantor menggunakan mobil pribadi lengkap dengan supirnya. Sampai kantor langsung duduk dan bekerja di depan laptop. Jam makan siang makan bekal yang sudah dibawa depan laptop dan tetap berada di sana sampai jam pulang kerja. Saat pulang kembali duduk dengan nyaman di mobil sampai ke rumah.

Jika aktivitas keseharian kamu seperti itu, maka waspadalah karena kamu bisa mengalami masalah kesehatan akibat dari gaya hidup yang pasif. Sebab aktivitas yang telah disebutkan di atas hanya menuntuk gerakan fisik yang sangat sedikit. Belum lagi jika kamu menggunakan lift untuk naik ke lantai tempat kerjamu. Kamu hanya menghabiskan sebagian besar waktumu dengan duduk dan saat weekend tiba, mungkin kamu juga memanfaatkannya untuk bermalas-malasan di kamar.
Gaya hidup seperti ini sudah menjadi hal yang umum di masyarakat. Apalagi dengan banyaknya pekerjaan yang menuntut Anda untuk selalu stand by depan komputer atau laptop. Padahal, gaya hidup seperti ini sangat berisiko karena bisa meningkatkan risiko kamu menderita beberapa penyakit berikut:

  • Obesitas
  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Stroke
  • Diabetes

Risiko atas berbagai penyakit di atas akan semakin meningkat lagi dengan kebiasaan tidak sehat lainnya, seperti kebiasaan kamu mengonsumsi makanan fast food yang tinggi lemak, gula, dan garam. Apalagi saat ini hampir semua makanan kekinian yang beredar di masyarakat adalah makanan tidak sehat.
Lalu, bagaimana cara mengatasinya?
Sudah jelas, kamu harus mulai mengubah gaya hidup pasif menjadi gaya hidup yang aktif. Jika pekerjaanmu menuntut untuk bekerja depan komputer, maka kamu bisa coba untuk melakukan beberapa hal berikut:

  • Bangun lebih pagi untuk menyempatkan diri berolahraga
  • Jika pagi tidak sempat, ajak teman-temanmu untuk berolahraga bersama malam hari saat pulang kerja
  • Jika memungkinkan, gunakan transportasi umum karena kebiasaan ini akan memaksamu untuk aktif bergerak. 
  • Sesekali bergeraklah ke luar ruangan selama beberapa saat. Misalnya ke toilet atau jika kamu sedang butuh berdiskusi dengan rekan kerja yang mejanya agak jauh, tidak ada salahnya jika kamu berjalan menghampirinya.
  • Jangan menghabiskan waktu libur saat akhir pekan hanya dengan bermalas-malasan. Tidak ada salahnya jika kamu mencari aktivitas lain seperti memasak, bersih-bersih rumah, mengurus tanaman, dan sebagainya.

Berolahraga secara rutin memang cara terbaik untuk mengatasi gaya hidup pasif. Namun jika kamu tidak bisa melakukannya, kamu bisa mengakalinya dengan meningkatkan aktivitas fisik sederhana lainnya seperti beberapa cara di atas. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Posting Komentar

Share