21 Nov 2019

Jangan Sampai Pencernaan Bermasalah, Kenali Beberapa Penyebabnya Berikut Ini




Nutrisi yang dibutuhkant tubuh sangat bergantung pada seberapa lancar sistem pencernaan bekerja. Sayangnya, meskipun tubuh kita sangat bergantung pada sistem pencernaan yang sehat, tak jarang masalah pencernaan hadir dan menghambat proses penyerapan nutrisi. Untuk menyiasatinya, sebetulnya bisa digunakan obat yang baik untuk sistem pencernaan seperti Obat diare dewasa alami. Akan tetapi, cara tersebut saja tidak cukup karena kita juga perlu mengetahui beragam masalah yang bisa menyerang sistem pencernaan tubuh. Berikut ini beberapa diantaranya.

pencernaan bermasalah
GERD

Salah satu masalah sistem pencernaan yang sangat menyiksa dan seringkali dialami oleh banyak orang adalah GERD. GERD atau gastroesphageal reflux disease adalah penyakit refluks asam lambung yang menyerang area lambung kita. Penyakit GERD menyebabkan rasa perih atau sakit yang luar biasa pada area lambung. GERD terjadi ketika asam lambung naik sampai ke kerongkongan kita. Asam lambung bisa naik sampai ke kerongkongan karena cincin otot kerongkongan yang berguna untuk mencegah makanan kembali ke kerongkongan setelah masuk ke lambung melemah. Akibatnya, kerongkongan akan merasakan asam lambung hingga berpotensi mual dan muntah.

Celiac

Dalam sistem pencernaan, berbagai sistem organ tubuh kita berperan untuk mengolah makanan mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus hingga menjadi feses melalui anus. Melalui proses tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa setiap organ tubuh memiliki peranan masing-masing agar penyerapan nutrisi berjalan optimal. Salah satunya adalah usus halus.

Celiac merupakan masalah pada usus halus yang disebabkan oleh reaksi sistem imun terhadap konsumsi gluten. Gluten adalah protein yang biasanya ditemukan di gandum dan punya manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Penderita celiac akan merasakan gluten yang terus memicu reaksi sistem imun hingga akhirnya membuat usus halus menjadi rusak. Akibatnya, penyerapan nutrisi akan berlangsung secara tidak optimal dan membuat nutrisi baik dari setiap makanan yang kita konsumsi terbuang percuma.

Memahami masalah pada sistem pencernaan merupakan hal yang bagus untuk menambah pengetahuan kita dalam dunia kesehatan seperti rutin membaca artikel gue sehat di link berikut https://www.guesehat.com/bakteri-juga-penting-dan-menyehatkan-tubuh-kamu-lho. Disamping itu, bersiagalah selalu dengan menyimpan obat sembelit yang ampuh di rumah Anda. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Share