30 Mei 2017

Penyebab Meningkatnya Resiko Penyakit Jantung Koroner - Part 2




Memiliki Asuransi kesehatan syariah bukan berarti bisa mengabaikan kesehatan seenaknya. Apalagi, dengan melakukan berbagai hal yang bisa meningkatkan resiko kita menderita penyakit kritis, seperti jantung koroner. Apalagi, sebenarnya biaya pengobatan untuk penyakit ini juga termasuk ke dalam kategori yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi. Sebab itulah, menghindari berbagai hal seperti yang sudah disebutkan dalam penyebab meningkatnya resiko penyakit jantung koroner part 1 menjadi hal yag sebaiknya dilakukan.

Sayangnya, ternyata hal tersebut tidak benar-benar sepenuhnya membebaskan kita dari resiko terkena penyakit ini. Sebab, ada beberapa penyebab yang sifatnya tidak bisa dihindari, antara lain:

Usia
Semakin bertambahnya usia seseorang, akan berdampak pada semakin kakunya pembuluh darah dalam tubuhnya, terutama arteri. Hal inilah yang membuat resiko seseorang menderita penyakit jantung koroner akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya umur.

Jenis kelamin
Pada usia kurang dari 50 tahun, penyakit jantung koroner ini lebih sering menyerang laki-laki dibandingkan perempuan. Akan tetapi, ketika memasuki usia 50 tahun, baik laki-laki maupun perempuan memiliki resiko yang sama. Hal ini terkait dengan poin pertama yang telah disebutkan di atas.

Penyakit lain
Ada beberapa jenis penyakit yang menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung koroner ini. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satunya. Ketika seseorang sedang mengalami hipertensi, maka jantung akan bekerja lebih keras di luar normal. Akibatnya, jatung akan terbebani begitu pula dengan pembuluh darah. Selain hipertensi, diabetes dan kolestrol juga menjadi penyakit yang bisa memicu munculnya penyakit jantung koroner.

Riwayat penyakit keluarga
Seseorang dengan anggota keluarga langsung mengidap penyakit ini, akan memiliki resiko lebih besar dibandingkan dengan orang tanpa riwayat penyakit ini. Sebab itulah, jika ada anggota keluarga kita yang menderita penyakit ini, sebaiknya lebih waspada.

Hmm, mungkin ada yang berpikir, menerapkan pola hidup sehat atau tidak tetap saja bisa terkena penyakit jantung koroner. Berarti bebas dong nggak perlu menerapkan pola hidup sehat? Nah, kalau kamu berpikir begitu, segera ubah pemikiran ini.

Memang, ada penyebab lain yang tidak bisa dihindari. Namun, dengan menjaga pola hidup sehat, maka kamu setidaknya bisa mengurangi resiko terkena penyakit ini. (Vita)

0 comments:

Posting Komentar

Share