28 Mei 2013

Kandungan dan Manfaat Buah Alpukat




Alpukat atau Avocado merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Ditempat asalnya buah dinamakan ahuacat oleh bangsa Aztek dan pasukan Spanyol mulai masuk pada abad ke 16 dan memperkenalkan ke bangsa Eropa. Buah alpukat memiliki bentuk yang lonjong membuat, memiliki kulit berwarna hijau tua sampai ungu kecoklatan. Daging buah alpukat memiliki tekstur yang sangat lembut dan memiliki warna hijau muda ( dekat kulit ) dan kuning ( dekat biji ).

buah alpukat
Alpukat merupakan buah yang sangat enak untuk dikonsumsi, baik secara utuh maupun diolah menjadi makanan maupun minuman ( es campur, jus ). Buah alpukat juga memiliki banyak kandungan dan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat baik untuk kita. Berikut ini kandungan dan manfaat alpukat.
  • Kandungan lemak nabati yang tinggi dan tak jenuh bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL ( kolesterol jahat ) sehingga dapat berguna untuk mencagah stroke, penyakit jantung, darah tinggi dan kanker. Kandungan lemak tak jenuh sangat mudah dicerna dan diolah tubuh sehingga bermanfaat secara maksimal dan lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti jamur dan anti bakteri. Kandungan lemak nabati tidak dapat menyebabkan seseorang menjadi gemuk, justru dengan manfaat lemak nabati tak jenuh ini mampu mengurangi nafsu makan.
  • Kandungan vitamin A dan E pada buah alpukat sangat baik untuk menghaluskan kulit, mengenyalkan kulit, menghilangkan kerutan dan membuat kulit tampak lebih muda.
  • Kandungan Krotenoid pada alpukat terdapat Vit A yang sangat baik untk kesehatan mata dan tubuh lainnya.
  • Kandungan asam oleat pada alpukat merupakan sumber antioksidan tinggi yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Kandungan potasium dalam alpukat dapat mencegah pengendapat cairan dalam tubuh, menyeimbangkan elektrolit pada tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah.
  • Kandungan Zat besi pada alpukat sangat baik untuk mencegah penyakit anemia.
  • Kandungan ektrak minyak buah alpukat sering dijadikan bahan produk kecantikan seperti pelembab, krim, shampo dan lainnya. Untuk pemakaian alami dapat dilakukan dengan menjadikannya sebagai masker.
Banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang didapatkan dari manfaat alpukat ini. Kandungannya yang kaya akan manfaat, wajib menjadi salah satu menu buah yang sering dikonsumsi.

0 comments:

Posting Komentar

Share