2 Mei 2023

Suka Minum Jus dan Smoothie, Tahukah Apa Saja Bedanya?




 “Hmm, emang beda ya, smoothie sama jus?”

Sebagian dari kamu mungkin ada yang selalu kebingungan dengan smoothie dan jus karena memang apabila dilihat sekilas kedua minuman yang menyehatkan ini terlihat mirip. Bahkan, teksturnya pun pun kalau diperhatikan hampir sama. 


Padahal, baik smoothie maupun jus, ternyata sebenarnya berbeda, loh. Apa perbedaannya? Yuk, simak!

Smoothie

Melansir laman Kompas.com, smoothie merupakan minuman berbahan baku buah-buahan atau sayur-sayuran, yang biasanya dicampur dengan es batu, susu, madu, hingga gula. Bukan hanya itu saja, minuman segar dan menyehatkan ini juga kerap ditambahkan cokelat, yoghurt, dan lain sebagainya. 

Untuk mempercantik tampilannya, biasanya minuman sehat ini ditaburkan dengan potongan buah-buah, meses cokelat, agar-agar, bubuk cokelat, dan lainnya. Teksturnya? Lebih kental karena dalam proses pembuatannya tidak diberi tambahan air. 

Di mana, cara membuatnya yaitu tinggal mencampurkan semua bahan seperti potongan buah segar, susu, sirup gula, es batu, dan yoghurt ke dalam blender, lalu blender sampai teksturnya lembut. Supaya tercipta rasa yang lebih kaya, bisa mencampurkan sayuran dan buah-buahan ketika membuatnya. 

Jus

Jus merupakan sari dari buah yang dibuat memakai slow juicer dilengkapi dengan ekstraktor atau proses pembuatannya diblender baru kemudian disaring. Ketika dibuat, jus biasanya ditambahkan sedikit air atau ada juga yang menambahkan sirup gula sehingga teksturnya lebih cair.

Berbeda dengan smoothie, biasanya jus tidak ditambahkan dengan bahan pelengkap lainnya hanya buah yang diblender lalu diminum. Memang, beberapa orang ada yang menambahkan susu kental manis cokelat untuk mempercantik tampilan jus. 

Tapi, kalau mau yang lebih sehat tanpa tambahan pemanis, maka mengonsumsi jus saja sudah cukup. 

Lalu, mana yang lebih sehat, smoothie atau jus? 

Baik smoothie ataupun jus sama-sama menyehatkan. Lantaran, keduanya mengandung fitonutrien, mineral, vitamin, dan lainnya sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah munculnya berbagai macam penyakit. 

Kalau mau memilih, semuanya kembali pada kebutuhan tubuh masing-masing individu serta bahan apa saja yang dimasukkan ke dalam racikannya. 

Smoothie cocok dijadikan sebagai makanan pengganti sarapan karena kaya zat gizi sekaligus mengenyangkan. Sementara, jus bisa disulap menjadi minuman untuk selingan di waktu jam makan. 

Gimana, sudah tahu kan sekarang perbedaannya?


0 comments:

Posting Komentar

Share