11 Jan 2023

Cek Kesehatan Lewat Tekstur Kuku, Emang Bisa?




 Tahukah kamu jika warna atau bentuk kuku bisa mengindikasikan sesuatu tentang kesehatanmu? Yup, menurut seorang dokter naturopati dalam situs Healthline, kesehatan kuku bisa menjadi salah satu indikator asupan nutrisi ataupun pencernaan buruk kita. Tak ayal, kamu bisa cek kesehatan lewat tekstur kuku juga. Gimana caranya?

Image by Niek Verlaan by Pixabay

Kuku yang sehat itu idealnya memiliki warna bening dan mulus tanpa corak atau tanda apa pun. Jadi, apabila kuku kamu memiliki tekstur atau warna lain dari ini, kamu perlu cari tahu lebih lanjut penyebabnya.

Kuku rapuh atau pecah-pecah

Kuku yang kasar serta rapuh atau pecah-pecah biasanya disebabkan oleh kuku yang berada dalam kondisi basah dan kering secara berulang. Kalau kamu memiliki tekstur kuku seperti ini, kemungkinan kamu mengalami hipotiroidisme atau kekurangan zat besi.

Untuk mengatasi kondisi ini, kamu perlu memakai sarung tangan saat mencuci piring atau mengoleskan losion yang mengandung AHA ketika tangan dalam kondisi kering.

Kuku lunak atau lemah

Kuku yang lunak atau lemah biasanya sangat mudah patah atau mudah bengkok sebelum patah. Mengutip laman Healthline, tekstur kuku satu ini mungkin disebabkan oleh paparan berlebihan terhadap kelembapan atau bahan kimia—seperti deterjen, cairan pembersih, perawatan kuku, atau juga penghapus cat kuku. 

Selain itu, kuku lunak atau lemah juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B, kalsium, zat besi, atau asam lemak. Untuk mengatasinya, kurangi (atau hindari) bahan kimia di sekitar kuku kamu. 

Kuku bergaris-garis

Kuku yang bergaris-garis juga bisa menjadi cara untuk cek kesehatan kamu. Soalnya, garis atau bubungan arah horizontal—atau garis Beau—bisa mengindikasikan penyakit ginjal atau kondisi mendasar lainnya. Garis atau bubungan vertikal (dari ujung kuku menuju kutikula) juga umum muncul pada orang-orang seiring dengan pertambahan usia. Namun, tekstur satu ini tidak berbahaya atau mengindikasikan apa-apa, selama tidak diikuti dengan perubahan warna pada kuku.

Jika kamu memiliki garis-garis horizontal, kamu bisa melakukan kunjungan ke dokter agar mendapat jawaban pasti atas pertanda tersebut. Siapa tahu, tekstur horizontal pada kukumu tidak menandakan sebuah penyakit juga, kan?

Nah, itulah dia beberapa cara cek kesehatan lewat tekstur kuku yang bisa kamu perhatikan. Semoga informasi dalam artikel ini berguna buat kamu, ya!


0 comments:

Posting Komentar

Share