25 Jan 2023

Ada Flek Hitam di Wajah, Inilah Cara Menghilangkannya!




 Dark spots atau flek hitam di wajah itu berasal dari hiperpigmentasi, yaitu kondisi umum kulit yang terjadi ketika kulit memproduksi terlalu banyak melanin. Kebanyakan kasus hiperpigmentasi ini sebetulnya bukan sesuatu yang membahayakan. Sebab, hiperpigmentasi ini bisa terjadi hanya ketika ada pertambahan usia, perubahan hormon (misalnya ketika hamil atau menopause), juga terkena paparan sinar matahari. Tapi kalau kamu cukup merasa terganggu denga nada flek hitam di wajahmu, inilah tips untuk menghilangkannya!

perawatan wajah

  • Pakai skincare dengan kandungan hidrokuinon. Cara pertama untuk menghilangkan flek hitam di wajah ialah memakai skincare yang memiliki kandungan hidrokuinon. Senyawa ini bekerja untuk mengurangi produksi melanin alamiah kulit. Tidak heran, hidrokuinon menjadi salah satu bahan populer yang digunakan untuk produk-produk perawatan hiperpigmentasi.
  • Pakai skincare dengan kandungan retinoid. Selain hidrokuinon, kandungan retinoid pada produk skincare juga bisa jadi cara lain untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Soalnya, turunan vitamin A ini dapat meningkatkan pergantian sel kulit baru yang juga dapat memudarkan flek hitam seiring waktu. Hanya saja, hasil pemakaian skincare dengan kandungan ini baru akan terlihat 3 sampai 6 bulan setelah penggunaannya.
  • Pakai exfoliants kimiawi. Ada flek hitam di wajah bisa juga diobati dengan exfoliants berbahan kimia, yang sebetulnya merupakan asam pelarut lapisan atas sel kulit. Senyawa ini mencakup asam alfa hidroksi (AHA) seperti asam laktat dan asam beta hidroksi (BHA) seperti asam salisilat. Tapi, kamu harus tahu juga bahwa kandungan asam ini akan meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Jadi, kamu harus menggunakan SPF tingkat tinggi jika menggunakan exfoliants kimiawi untuk mengobati flek hitam di wajah.
  • Prosedur kecantikan. Kalau kamu ragu memakai skincare—yang pasti membutuhkan waktu panjang, kamu bisa lakukan prosedur kecantikan tertentu untuk mengobati dark spots di wajahmu. Beberapa contohnya adalah terapi laser, pengelupasan kimia, dan mikrodermabrasi di klinik-klinik kecantikan wajah.

Gimana? Apa kamu sudah menemukan cara pilihanmu untuk menghilangkan dark spots di wajah kamu? Kalau belum, perbanyak membaca informasi dan review tentang produk-produk kecantikan (skincare) wajah sebelum membeli dan mengaplikasikannya pada wajahmu, ya. Semoga bermanfaat!


0 comments:

Posting Komentar

Share