8 Des 2022

5 Mitos Seputar Skincare yang Tidak Perlu Dipercaya




 Memiliki kulit sehat dan indah pastilah dambaan setiap orang, khususnya para perempuan yang lebih peduli dengan penampilan dibandingkan laki-laki. Itulah sebabnya, banyak perempuan yang rela mengeluarkan dana tidak sedikit untuk membeli skincare mahal atau rutin melakukan perawatan kulit di salon kecantikan.

perawatan kulit

Sayangnya, ada beberapa mitos seputar skincare yang justru menyesatkanmu sehingga perawatanmu menjadi tidak maksimal. Apa saja ya? Berikut ini 5 di antaranya:

  • Sunscreen hanya perlu digunakan saat ke luar rumah

Fungsi utama sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Akibatnya banyak orang yang merasa tidak membutuhkannya saat berada di rumah. Padahal, cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah melalui jendela. Selain itu, paparan blue light dari komputer atau ponsel juga ternyata berdampak mirip dengan sinar matahari, sehingga membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulitmu.

  • Kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap

Pelembap berfungsi untuk melembapkan kulit khususnya pada kulit kering. Meskipun begitu, bukan berarti kulit berminyak tidak membutuhkan skincare ini. Pada kulit berminyak, pelembap akan berperan untuk menjaga kepadatan kulit dan juga melindunginya dari masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

  • Jerawat menandakan skincare tidak cocok

Banyak yang langsung mengganti skincare saat muncul jerawat setelah pemakaian. Padahal ternyata jerawat tersebut bisa saja merupakan proses purging. Melansir dari situs hellosehat.com, purging akan mempercepat regenerasi sel kulit dan akan membuatnya lebih baik dari sebelumnya. Namun, reaksi purging hanya terjadi jika jerawat muncul di area breakout dan hilang dalam waktu singkat. Jika jerawat lama sembuh dan justru semakin parah, artinya kamu memang tidak cocok dengan skincare tersebut.

  • Ada reaksi pada kulit menunjukkan skincare bekerja

Munculnya reaksi pada kulit setelah penggunaan skincare patut untuk diwaspadai. Seperti pada poin sebelumnya di mana reaksi yang ada adalah munculnya jerawat, bisa menandakan proses purging atau tidak cocok dengan skincare. Reaksi lain yang sering muncul adalah sensasi terbakar. Jika ini yang kamu rasakan, maka sudah pasti kulitmu tidak cocok dengan skincare maka segera hentikan penggunaan.

  • Skincare disimpan di kulkas agar lebih awet

Siapa yang suka menyimpan skin care di dalam kulkas atau lemari pendingin? Banyak orang percaya bahwa cara ini bisa membuat skincare semakin awet. Padahal kenyataannya, usia pakai skincare tidak akan semakin panjang hanya karena kamu simpan di kulkas.

Adakah mitos di atas yang selama ini kamu percayai? Atau kamu tahu mitos lain seputar skincare yang mungkin belum banyak orang tahu? Yuk, bagikan di komentar supaya pembaca lain jadi tahu tentang hal tersebut!


0 comments:

Posting Komentar

Share