og:image'/>

24 Jun 2022

Tips Mencegah Obesitas: Kenali Asupan yang Baik bagi Tubuh




 Obesitas merupakan kondisi berat badan berlebih yang bisa berakibat buruk pad kesehatan tubuh secara keseluruhan. Obesitas ditandai dengan jumlah lemak dalam tubuh yang melebihi angka ideal. Anda bisa mengetahui jumlah lemak tubuh ini dengan menggunakan timbangan untuk komposisi tubuh. Penggunannya sama saja dengan timbangan badan biasa, namun pada hasilnya terdapat angka kisaran lemak yang berada di dalam tubuh. Dengan memiliki alat timbangan ini, Anda bisa memantau berat badan serta kadar lemak agar terhindar dari obesitas. 

Selain melakukan pemantauan berat badan secara rutin, ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan untuk menghindari obesitas, apa saja itu? Yuk, simak tips berikut ini!

  • Tips Mencegah Obesitas

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bahkan ketika Anda masih berada dalam berat badan yang normal atau proporsional. Lakukan tips berikut ini bisa menjaga Anda agar jauh dari kemungkinan obesitas.

  • Memperhatikan Asupan Protein

Meskipun seseorang memiliki kelebihan lemak, bukan berarti orang tersebut tidak boleh mengkonsumsi protein. Justru dengan memperhatikan jumlah protein yang masuk dalam tubuh, Anda bisa menjaga jauh dari risiko obesitas. 

Hal ini karena protein bisa membantu tubuh tetap kenyang dalam waktu lama. Sehingga sebaiknya asupan protein yang Anda makan yakni 80 hingga 100 kalori.

  • Menghindari Makan Makanan Olahan

Tips mencegah obesitas juga bisa Anda mulai dari mengurangi konsumsi makanan olahan. Berbagai jenis makanan olahan seperti olahan gula dan karbohidrat yang biasa ada dalam roti, pasta, soda, kue kering dan makanan kemasan. Anda bisa menggantinya dengan masakan rumahan yang jauh lebih sehat dan rendah kalori.

  • Membatasi Asupan Gula

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula juga bisa memicu risiko obesitas. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan asupan gula dan kandungannya pada setiap makanan. Bahkan konsumsi gula yang berlebihan bisa memicu penyakit berat seperti diabetes dan jantung. Ngeri, ya.

  • Pola Tidur yang Benar dan Cukup

Pola tidur juga bisa mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga juga memberikan dampak besar pada obesitas. Biasanya, mereka yang mengalami obesitas tidak memperhatikan pola dan waktu untuk tidur maupun untuk makan. Padahal, saat tidur tubuh juga seharusnya beristirahat dan bukan malah memproses makanan.

  • Konsumsi Cairan Tubuh yang Cukup

Salah satu tips mencegah obesitas lainnya yang sangat penting adalah memperhatikan seberapa banyak jumlah cairan yang masuk ke tubuh. Cairan tubuh bisa membantu memperlancar metabolisme dan juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan. 

Setidaknya seseorang membutuhkan setengah liter air putih untuk meningkatkan kalori tubuh sehingga bisa melakukan pembakaran lebih baik. Jadi, lebih rajin lagi konsumsi air putihnya.

Sudah Tahu Tips Mencegah Obesitas?

Selain dari asupan makanan, obesitas juga seringkali dipicu karena kurangnya olahraga atau gerak secara fisik, yang membuat pembakaran tubuh berkurang. 

Selain itu, Anda juga bisa mengatur pola makan seperti mengunyah dengan perlahan dan juga rajin sikat gigi. Mulai dari mengubah kebiasaan kecil, hingga mengurangi makanan yang tidak perlu bisa membantu kita terhindar dari obesitas dan tetap sehat. 

Tak mau kan punya ancaman obesitas? Maka dari itu, silakan terapkan tips mencegah obesitas di atas dengan sebaik-baiknya!

0 comments:

Posting Komentar

Share