22 Jul 2020

Bisakah Kacang Bantu Turunkan Berat Badan?




Kacang merupakan biji sejumlah tumbuhan polong-polongan. Di Indonesia sendiri, kata kacang sering diasosiasikan dengan polong kacang tanah. Kacang, atau kacang tanah, kerap disajikan dalam keadaan mentah, panggang, rebus, asin, bumbu, ataupun polosan di berbagai situasi. Makanan ini juga cukup banyak diklaim baik untuk proses penurunan berat badan. Apakah klaim tersebut benar? Simak ulasannya dalam artikel berikut!

3 poin penting tentang kacang

Mengutip artikel dalam situs Healthline, kacang ternyata memang bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Fakta ini disimpulkan dari sejumlah studi yang dilakukan oleh beberapa peneliti. Rupanya, panganan ini terbukti dapat menurunkan tingkat obesitas masyarakat secara umum. Lalu, bagaimana cara kacang membantu turunkan berat badan seseorang?
Ada tiga poin penting tentang kacang yang perlu kamu ketahui.

  1. Kacang membuatmu kenyang. Kacang merupakan camilan yang kaya akan lemak sehat, protein, serta serat. Kandungan-kandungan ini baik untuk tubuh seseorang yang sedang melakukan diet. Sebab, ketiga kandungan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh usus. Dengan demikian, rasa kenyang setelah mengonsumsi kacang akan terus dirasakan oleh orang yang memakannya. Sebuah penelitian kecil-kecilan yang dilakukan oleh National Library of Medicine bahkan menemukan jika menambahkan kacang tanah atau selai kacang tanah pada menu sarapan dapat meningkatkan rasa kenyang dan kadar gula darah yang lebih stabil.
  2. Kacang mengandung lemak sehat. Kacang juga sudah terbukti kaya akan lemak sehat seperti asalm lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Orang yang melakukan diet dengan kandungan lemak sehat ini ternyata berhasil menurunkan tingkat peradangan, obesitas, dan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes. Sejumlah peneliti bahkan berpendapat jika hal ini didasari pada kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi dalam kacang. Meski masih butuh penelitian lanjutan, mereka mengatakan kalau lemak itulah yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk tahan lapar.
  3. Kacang memiliki asupan kalori rendah. Sebetulnya kacang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Akan tetapi, mengonsumsi camilan ini tidak akan membuat tubuhmu mampu menyerap semua kalori yang dimilikinya. Sebab, gigi manusia tidak bisa memecah kacang hingga ukuran sangat kecil dan sebagian besar kacang yang masuk ke usus akan langsung keluar menjadi kotoran. Maka dari itu, kemungkinan kalori yang terserap oleh tubuh tidak terlalu tinggi dan ini baik untuk proses diet.

Kesimpulannya, kacang adalah sebuah camilan sehat yang baik untuk tubuh—apalagi untuk orang yang sedang dalam upaya menurunkan berat badan. Meski demikian, menakar asupan kacang itu tetap penting untuk dilakukan. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Jangan sampai usaha kamu untuk menurunkan berat badan malah menjadi bumerang. Untuk hasil terbaik, makanlah kacang mentah, panggang, atau rebus yang bebas garam dan penyedap rasa.

0 comments:

Posting Komentar

Share