25 Apr 2019

Benarkah Mencubit Hidung Secara Rutin dapat Membuatnya Mancung?




Klinik kecantikan ataupun klinik tanam benang hidung sering menjadi pilihan untuk yang ingin memiliki kulit sempurna secara cepat. Sementara itu bagi yang ingin cara alami, ada yang menerapkan rahasia kulit cerah alami yang didapatkan dari internet maupun yang telah dipercaya secara turun temurun. Namun, seringkali memiliki kulit sehat dan cerah dianggap kurang cukup. Banyak juga yang ingin mengubah bentuk salah satu bagian wajahnya agar terlihat semakin menarik, salah satunya adalah memancungkan hidung.

Hidung merupakan bagian yang berperan penting bagi manusia. Mulai dari bernapas, mencium aroma, mem-filter udara, hingga memengaruhi suara. Namun, ternyata banyak orang yang belum puas dengan banyaknya manfaat yang diberikan oleh hidung ini. Penampilan hidung pun juga harus terlihat menarik. Jika hidung tidak memiliki bentuk ideal, maka kepercayaan diri seseorang pun akan berkurang. Karena itu, banyak orang yang mencari cara untuk bisa mengubah tampilan hidung menjadi lebih ideal. Salah satu cara yang paling diminati adalah melakukan tanam benang di klinik tanam benang hidung yang terpercaya. Namun, tak semua orang bisa mengikuti prosedur tanam benang. Alhasil, banyak orang yang kembali ke cara tradisional untuk memancungkan hidung, yakni dengan mencubitnya.

Mungkin Anda pun selama ini mengira bahwa dengan mencubit hidung, lama-kelamaan bentuk hidung dapat berubah menjadi lebih mancung dan ramping. Namun ternyata, cara tersebut hanyalah mitos belaka. Menurut situs alodokter, hingga saat ini belum ada penelitian secara klinis yang membenarkan bahwa mencubit hidung dapat membuat hidung menjadi mancung. Termasuk pada bayi, bahkan alih-alih memancungkan hidung, mencubit hidung terlalu keras dan berulang kali justru dapat menimbulkan cedera.

Proses pembentukan hidung selesai pada usia 10 tahun

Pasalnya, proses pembentukan hidung selesai pada usia 10 tahun, kemudian ukuran hidung akan terus berkembang secara perlahan, umumnya hingga usia 17 tahun pada wanita dan 19 tahun pada pria. Jadi setelah usia tersebut, ukuran dan bentuk hidung tidak akan berubah lagi.

Memancungkan hidung hanya bisa lewat operasi

Satu-satunya cara efektif untuk membuat hidung lebih mancung adalah dengan melakukan tindakan bedah atau operasi. Operasi hidung yang paling banyak dilakukan adalah septoplasty. Operasi ini bukan hanya dilakukan demi penampilan, tetapi juga dilakukan untuk memperbaiki pernapasan atau masalah kesehatan lainnya. Pada proses bedah hidung, dokter akan melakukan tindakan dengan membentuk ulang tulang hidung dan tulang rawan seperti yang diinginkan pasien. Meski demikian, ada risiko yang juga perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menjalani operasi ini.

Jadi, mulai dari sekarang berhenti mencubit-cubit hidung agar lebih mancung karena itu hanyalah mitos belaka. Sebaiknya jangan rendah diri atau merasa kurang percaya diri dengan bentuk atau ukuran hidung yang Anda miliki, sebab bagaimana pun, hidung memiliki peranan penting dalam keberlangsungan hidup Anda. (Rima)

0 comments:

Posting Komentar

Share