9 Mei 2018

Yuk, Rajin Rawat Payudara Selama Menyusui




Selain rutin meminum susu ibu menyusui yang berguna untuk memperbanyak produksi air susu, saat masa periode menyusui pastikan Ibu tidak lupa merawat payudara, ya. Meski ini terlihat sepele, tidak merawat payudara dengan baik ketika menyusui, efeknya nanti malah dapat membahayakan kesehatan buah hati. Yang paling parah adalah payudara akan mudah dijangkiti oleh infeksi, untuk itulah jangan sampai lupa merawatnya ya, Bu.

Nah, berikut ini kami berikan sedikit tips merawat payudara yang baik agar tetap terjaga kesehatannya, check this out: (source: momma.id)

1. Kompres payudara. Ketika menyusui, Ibu pasti sering merasakan nyeri pada bagian puting, kan? Kondisi ini memang kerap dialami oleh ibu menyusui dan nyeri tersebut akan semakin meningkatkan saat bayi tidak mau menyusui. Untuk mencegah kondisi ini, maka Ibu disarankan untuk mengompres payudara dengan air hangat, mengeringkan puting sebelum mengenakan pakaian, mengusap payudara satu maupun dua tetes setelah memberikan ASI, dan jangan sampai lupa untuk menggunakan bra khusus untuk ibu menyusui.

2. Pompa payudara dengan breastpump. Payudara bengkak dan terasa penuh selama menyusui merupakan sesuatu yang sangat wajar terjadi pada ibu menyusui. Nah, apabila Ibu mengalami kondisi ini, maka cara paling jitu yang bisa dilakukan untuk adalah segera susui buah hati. Jika tidak mau, alternatif lainnya pompa payudara dengan breastpump dan jadikan sebagai stok ASI. Dan apabila bengkak ini tidak kunjung sembuh setelah melakukan beberapa hal tersebut, maka Ibu harus mengonsultasikannya langsung ke dokter.

3. Pijat payudara. Jika terdapat benjolan pada payudara yang diakibatkan oleh karena ada penyumbatan, maka cobalah untuk melakukan pijatan kecil pada payudara. Dan untuk mengurangi benjolan ini, jangan sampai lupa untuk mengosongkan air susu dengan cara menyusui ataupun memompanya.

4. Tidak memakai bra yang ketat. Selama periode menyusui, pastikan Ibu tidak memakai bra yang terlalu ketat dan berkawat. Mengapa? Yap, menggunakan bra ketat dapat menyebabkan payudara terasa semakin nyeri dan sakit. Untuk itu, jangan gunakan saat menyusui ya, Bu.

Itulah beberapa cara mudah merawat payudara. Selain fokus akan perawatan payudara, ibu juga perlu memperhatikan makanan yang tidak boleh terlewat saat menyusui agar bisa meningkatkan asupan asi dan kesehatan ibu juga terjaga. Makanan seperti apa? Labu siam, daun katuk, semangka, wortel, dan makanan lainnya. Semoga memberikan banyak manfaat, khususnya untuk ibu menyusui. –SH–

0 comments:

Posting Komentar

Share