5 Mei 2020

Alergi VS Intoleran Makanan, Apa Bedanya?




Alergi, adalah kondisi ketika seseorang mengalami suatu gejala tertentu setelah mengonsumsi suatu jenis makanan. Misalnya pada seseorang yang alergi udang, mereka mungkin akan mulai mengalami gejala masalah kesehatan jika mengonsumsi makanan yang mengandung udah. Beberapa gejala yang sering muncul adalah mual, muntah, muncul gatal, sesak napas, dan sebagainya.
Namun, bagaimana dengan intoleran? Apakah intoleran dan alergi adalah suatu kondisi yang sama?
Sebenarnya kedua istilah ini digunakan untuk menggambarkan masalah yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah detailnya.

Intoleran

Pada dasarnya, intoleran juga memiliki arti yang tidak berbeda jauh dari alergi, yaitu munculnya suatu gejala setelah seseorang mengonsumsi sesuatu. Namun pada intoleran, tidak melibatkan imun tubuh sama sekali. Itulah sebabnya, gejala pada seseorang yang mengalami intoleran biasanya terbatas pada masalah pencernaan.
Salah satu Biasanya seseorang yang mengalami intoleran terhadap suatu jenis makanan tertentu karena adanya masalah pada enzim tubuhnya. Dikutip dari medicalnewstoday, enzim merupakan zat yang berfungsi penting dalam pengolahan makanan dalam tubuh. Ketika seseorang kehilangan atau tidak memiliki jumlah enzim sesuai dengan yang dibutuhkan, maka tubuh tidak bisa mencerna suatu makanan tertentu secara sempurna.
Seseorang yang mengalami intoleran tidak menunjukkan gejala langsung setelah selesai makan, melainkan setelah beberapa saat. Inilah yang membuat seseorang terkadang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami intoleran terhadap suatu jenis makanan atau zat tertentu.

Alergi

Berbeda dengan intoleran yang tidak berkaitan dengan imun tubuh, pada alergi penyebabnya justru adalah imun tubuh. Berdasarkan situs mayoclinic, alergi makanan menyebabkan sistem imun bereaksi dan memengaruhi beberapa organ yang akan membuat timbulnya berbagai gejala.
Seseorang yang mengalami alergi makanan akan langsung mengalami gejala segera setelah mengonsumsi makanan alergen tersebut. Bahkan meskipun dalam porsi yang sangat kecil sekalipun. Dan gejala yang muncul akibat alergi ini terkadang tidak mudah disembuhkan sendiri dengan obat anti alergi sehingga membutuhkan bantuan dokter.

Gejala

Gejala yang timbul pada kedua masalah di atas beberapa di antaranya sama, yaitu:

  • Mual terkadang disertai muntah
  • Diare
  • Sakit perut
  • Pusing

Hal yang membedakan adalah gejala yang terjadi pada seseorang dengan intoleran biasanya hanya terbatas pada masalah pencernaan. Namun untuk alergi, gejala yang muncul bisa lebih berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian, seperti sesak napas.

0 comments:

Posting Komentar

Share