20 Agt 2018

Apa Kelebihan Mengonsumsi Makanan yang Dimasak dengan Minyak Zaitun?




Selama ini, Anda mungkin sudah mendengar bahwa minyak zaitun sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan masakan atau pengganti minyak. Memang, mencari tempat jual minyak zaitun sangatlah mudah sekarang ini. Namun demikian, sebetulnya apa sih keunggulan dari menggunakan minyak zaitun sebagai bahan masakan selain hanya karena alasan kesehatan? Well, coba simak dalam artikel ini, ya.

1. Kesehatan jantung lebih terpelihara. Seperti yang Anda ketahui, minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk jantung. Tidak heran jika minyak zaitun bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, kandungan dari minyak zaitun mampu mengurangi risiko peradangan dan menambah kadar kolesterol baik.

2. Menurunkan risiko stroke. Tidak ingin terkena penyakit stroke? Tentu ada banyak hal yang bisa Anda lakukan: mulai dari menjaga pola makan, rajin beraktivitas fisik, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mulai mengonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak zaitun. Mengapa? Pasalnya, seseorang yang mengonsumsi makanan dengan minyak zaitun ternyata memiliki risiko 41% lebih rendah untuk terkena stroke.

3. Membantu menjaga kesehatan hati. Studi membuktikan bahwa minyak zaitun terutama yang jenis ekstra virgin ternyata bisa membantu melindungi organ dari kerusakan sel, lho. Sementara itu, kerusakan sel sendiri erat kaitannya dengan reaksi kimia dari molekul di dalam tubuh dengan radikal bebas.

4. Mengurangi kolesterol jahat. Konon, mengonsumsi makanan yang diolah dengan minyak zaitun secara rutin setidaknya selama 6 minggu, bisa membantu menurunkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein) yang disebut sebagai kolesterol jahat di dalam darah.

5. Terhindar dari kanker payudara. Untuk para perempuan, minyak zaitun bisa melindungi tubuh dari kemungkinan kanker payudara. Mengapa? Pasalnya, minyak zaitun bisa mengaktifkan mekanisme yang dapat mematikan sel kanker payudara. Dengan demikian, risikonya bisa dikurangi. 

6. Menjaga kesehatan mental. Dalam fast food dan juga makanan yang berpengawet ternyata tersimpan kandungan lemak trans yang cukup tinggi. Bagi Anda yang belum tahu, lemak trans ini dapat meningkatkan kemungkinan depresi. Penelitan menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi lemak trans bisa mengalami peningkatan depresi sekitar 48%.

Itu dia kelebihan dari mengonsumsi makanan yang diolah dengan minyak zaitun. Semoga bermanfaat, ya!

0 comments:

Posting Komentar

Share