30 Jul 2018

5 Makanan Sehat Pengganti Nasi yang Tetap Mengenyangkan




“Belum lengkap kalau belum makan nasi”. Ya, kira-kira seperti itulah anggapan kebanyakan orang Indonesia. Padahal sebenarnya kita harus mulai mengurangi nasi putih dan lebih sering membuat resep makanan sehat, lho. Kenapa? Nasi putih memiliki kadar glycemic index tinggi yang membuat nasi putih mudah dipecah menjadi gula dan diserap tubuh. Hal ini dapat berdampak buruk pada penderita diabetes. Bukan hanya bagi penderita diabetes, pasalnya mengonsumsi nasi putih secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan. Namun jangan khawatir, ada banyak alternatif makanan sehat pengganti nasi yang juga mampu membuat perut kenyang. Yuk simak daftarnya di bawah ini!

Singkong
Siapa sih yang belum familiar dengan makanan yang satu ini? Ya, singkong memang merupakan sumber karbohidrat yang cukup populer. Nah, singkong bisa menjadi alternatif pengganti nasi yang baik nih. Pasalnya, selain memberikan asupan karbohidrat, singkong juga bermanfaat untuk mengatasi infeksi darah, dapat membantu menginduksi persalinan, dan lain-lain.

Ubi
Selain singkong, ubi juga bisa digunakan untuk menggantikan nasi. Ubi ungu bahkan merupakan sumber makanan diet yang cukup populer di Korea Selatan, lho! Tak heran, ubi memang mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Jika ingin menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan, coba konsumsi ubi sebagai pengganti nasi.

Kentang
Makanan yang satu ini memang kerap disebut sebagai pengganti nasi yang efektif. Meskipun cukup mengenyangkan, kandungan karbohidrat pada kentang tidak setinggi yang terkandung pada nasi putih. Selain itu, kentang juga mengandung banyak nutrisi lain seperti zat besi, magnesium, mangan, kalium, vitamin C, dan masih banyak lainnya.

Oat
Oat merupakan jenis gandum yang juga mengandung kalori dan karbohidrat. Namun, oat mengandung protein yang lebih tinggi daripada nasi putih. Selain itu, oat dapat berkhasiat dalam menurunkan kolesterol karena mengandung serat yang tinggi. Jika Anda ingin mengonsumsi oat dengan rasa yang enak, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk granola. Asalkan, Anda yakin sudah memilih granola yang tepat, maka manfaat yang didapatkan akan sama baiknya dengan mengonsumsi oat murni.

Pasta
Pernah berpikir untuk mengganti dengan pasta? Meskipun pasta jarang dikonsumsi sehari-hari oleh orang Indonesia tapi ternyata makanan ini dapat digunakan untuk menggantikan nasi. Tak hanya memenuhi kebutuhan karbohidrat, pasta juga mengandung asam folat dan rendah lemak. 
Jadi, kamu ingin coba mengganti nasi dengan makanan apa nih? (Rima)

0 comments:

Posting Komentar

Share