10 Jan 2018

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan




Kamu pasti tahu ketumbar? Yap, masuk kategori sebagai bumbu penyedap makanan, ternyata ketumbar ini memberikan sejumlah manfaat loh untuk kesehatan. Melansir dari situs alodokter, dalam ketumbar ini tersimpan berbagai kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh seperti misalnya kalori, protein, serat, lemak, zat besi, vitamin, serat, dan sebagainya. Kandungan inilah yang nantinya dapat mencegah timbulnya penyakit berbahaya pada tubuh sekaligus bisa dijadikan sebagai obat herbal gangguan pencernaan. Hanya saja, untuk pengonsumsianya sendiri haruslah sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan, sebab jika tidak maka dapat membahayakan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh seperti yang dikutip melalui situs deherba, check it dot:
  1. Menyembuhkan gangguan pencernaan. Tingginya kandungan essensial borneol yang tersimpan di dalam ketumbar ini dapat menyembuhkan gangguan pencernaan pada tubuh. Kandungan ini berperan penting mencegah perut kembung, menghindari muntah dan mual, melancarkan pembuangan feses, sekaligus memaksimalkan kinerja enzim di sistem pencernaan. Di samping itu, ketumbar pun dapat membuat diare sembuh dengan cepat.
  2. Mencegah panas dalam. Di dalam ketumbar juga terdapat kandungan citrolenol atau biasa dikenal dengan anti septik, yang dipercaya mampu mencegah infeksi yang muncul pada bagian tenggorokan maupun mulut pemicu timbulnya sakit panas dalam. Selain itu, ketumbar yang kaya akan kandungan vitamin K pun bisa menyembuhkan radang tenggorokan.
  3. Mengatasi sakit anemia. Tersimpan kandungan vitamin B12 dan asam folat yang cukup tinggi, ketumbar pun bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi anemia. Ini disebabkan karena kedua kandungan tersebut dapat membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh, sehingga anemia bisa teratasi. 
  4. Merawat mata agar tetap sehat. Ketumbar pun dianggap mampu menjaga kesehatan mata, sebab terkandung vitamin A yang sangat tinggi. Tidak hanya vitamin A, ketumbar juga dilengkapi oleh senyawa fosfor, antioksidan, dan vitamin C dimana terbukti meredakan peradangan pada mata, menyembuhkan mata yang sakit, dan sebagainya. 

Selain manfaat di atas, ketumbar masih memiliki khasiat lain seperti menurunkan nyeri pada saat haid, mencegah munculnya bakteri salmonella yang bisa menyerang tubuh, meredakan gatal akibat alergi, dan sebagainya. –SH–

0 comments:

Posting Komentar

Share