23 Okt 2017

3 Khasiat Buah Manggis Berdasarkan Penelitian




Tidak sekali dua kali kita mendengar ekstrak kulit manggis dan manfaatnya untuk kesehatan. Akan tetapi, apakah benar ekstrak kulit manggis ini memang berdampak pada kesehatan tubuh kita? Nah, sebelum berasumsi lebih jauh, yuk coba simak artikel berikut ini.

Sama halnya dengan kelapa yang hampir seluruh elemennya bisa dimanfaatkan, buah manggis pun demikian. Buah manggis atau Garcinia Mangostana merupakan salah satu buah tropis yang mudah ditemukan di Asia Tenggara. Indonesia termasuk salah satunya. Meskipun sifatnya musiman, menemukan buah manggis bukanlah hal yang sulit di negara kita.

Nah, buah manggis ini ternyata bisa dimanfaatkan, tidak hanya sebagai buah untuk dikonsumsi saja. Sebab selain daging buah, kulit dan ranting buah manggis ternyata mengandung senyawa kimia dan komponen aktif yang berdampak untuk kesehatan kita. Salah satunya adalah xanthone yang berfungsi sebagai antioksidan. Tidak hanya itu, beberapa peneliti tengah mengembangkan keuntungan lain dari ekstrak kulit manggis dan penelitian di laboratorium menemukan fakta bahwa ekstrak buah manggis mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Beberapa khasiat buah manggis berdasarkan penelitian adalah sebagai berikut:

Antioksidan
Buah manggis bermanfaat sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh kita. Kandungannya mampu mengurangi jumlah oksidasi lemak di dalam tubuh dan juga mengeluarkan zat beracun yang berpotensi merusak sel tubuh.

Antiinflamasi
Ekstrak buah manggis ternyata mampu mengurangi peradangan yang kerap terjadi pada gusi dan juga gigi. Tidak hanya itu, ekstrak ini juga bisa menurunkan kadar CRP yang menjadi penanda dari peradangan.

Antikanker
Beberapa penelitian menemukan bahwa buah manggis memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan tumor dan juga menghancurkannya. Penelitian ini dilakukan dengan meneliti responden penderita kankaer payudara dan kanker prostat, di mana hasil yang didapatkan adalah ekstrak buah manggis terbukti mampu mengurangi besaran tumor dan mengurangi jumlah pembuluh darah pada sel tumor.

Itu dia beberapa khasiat dan manfaat buah manggis untuk kesehatan kita. Namun demikian, mengingat penelitian ini baru dilaksanakan di laboratorium, perlu waktu sedikit lebih lama lagi untuk membuktikannya secara medis bahwa ekstrak kulit manggis bisa berdampak pada manusia. Kita tunggu saja, ya!

0 comments:

Posting Komentar

Share